Taman Hijau Balangan

0 199

Taman Hijau Balangan terletak di Jl. Ahmad Yani km 2,5, Kelurahan Batu Piring, Kec. Paringin Selatan, Paringin, Kabupaten Balangan. Taman Hijau Balangan merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang paling luas berada di Kota Paringin. Di tempat ini dulunya terdapat permainan flyng fox, namun sekarang hanya tinggal menaranya saja yang ada. Taman Hijau Balangan biasanya di gunakan sebagai tempat bersantai, nongkrong2, bermain anak-anak, berjualan, piknik, dan hunting foto.

Di sekitar tempat ini juga terdapat Halte Bus, sehingga akan menambah jumlah pengunjung. Pada siang hari seperti saat ini kunjungan warga baik dari Balangan sendiri maupun dari kabupaten tetangga mulai ramai. Taman Hijau Balangan termasuk salah satu taman baru yang dibangun pemkab Balangan, lokasinya yang curam kebawah serta ada panggung diatasnya menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa fasilitas buatan yang ada di sini berupa jalan melingkar, tempat duduk, permainan anak-anak seperti seluncuran dan ayunan, beberapa tempat bernaung, bekas menara flying fox, lampu hias, beberapa tanaman, tebing tinggi buatan, tangga, dan huruf dalam bentuk struktur bangunan yang bertuliskan Taman Hijau Balangan. Berada di sini memang kelihatan berbeda dengan taman-taman di tempat lain.

Kenapa bisa dibilang kelihatan berbeda dengan taman-taman lain, karna terdapat perpaduan dataran tinggi dan dataran rendah dan juga ada tangga bertingkat sehingga kita bisa melihat pemandangan yang indah dari atas. Namun menurut saya Taman Hijau Balangan masih harus ada yang perlu di benahi, misalnya rerumputan yang harus lebih dihijaukan, minimnya fasilitas umum seperti bak sampah, tempat duduk, pepohonan untuk berteduh(fasilitas pendukung).

Berikut dibawah ini adalah kata-kata/tanggapan dari orang-orang yang telah mengunjungi Taman Hijau Balangan:”Seru, nanti kalau ada waktu lagi ingin menjelajahi objek wisata di Balangan ini,” kata perempuan yang akrab disapa Atul.”Ya tidak kalah jua sama daerah lain, mengisi liburan akhir pekan bisa datang ke Balangan dengan memilih objek wisata yang ada,” kata HM Hifni Effendi.menurut saya masih ada yang harus dibenahi.

Prasarana yang ada di taman ini kebanyakan tidak terurus seperti wahana barmain, bangunan 3 tingkat, dan kursi taman yang dibiarkan berkarat dan rusak. Rumput di taman yang sudah tinggi dan tidak terurus sehingga dapat menjadi sarang ular (melihat lokasi taman yang bersebrangan dengan hutan). Sampah masih bertebaran di mana-mana dan coretan-coretan alayers di dinding dan tiang-tiang bangunan juga masih banyak terlihat.

Diperlukan kerjasama pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan dan menjaga taman ini agar menjadi taman yang layak untuk dijadikan tempat nongkrong yang bersih, aman, dan nyaman, kata Eka Isma Liliany.

Source http://rahmani07.blogspot.com http://rahmani07.blogspot.com/2017/02/taman-hijau-balangan.html
Comments
Loading...