Taman Habibie Tangga Seribu Tempat yang Indah di Kepulauan Riau

0 22

Taman Habibie Tangga Seribu

Taman Habibie Tangga Seribu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang letaknya tidak jauh dari Pantai Dangas Sekupang. Berada tepat di Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Dari pusat kota, Taman Habibie ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Tidak banyak yang familiar dengan keberadaan tempat wisata ini, namun tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan. Dari namanya, Anda pasti akan bertanya mengapa dinamakanTaman Wisata Habibie Tangga 1000. Konon dulunya kawasan itu adalah tempat tinggalnya Bapak BJ Habibie, Presiden ke-3 Indonesia sekaligus pendiri Otorita Batam. Ia bersama tinggal disana di masa-masa awal membangun Batam.

Bila menelusuri jalan di kawasan ini, ditemukan satu puing bangunan yang pernah menjadi tempat tinggal keluarga Habibie dengan pagar masih utuh. Sedangkan Tangga 1000 diambil dari kondisi tempat itu yang memang ditemukan banyak tangga. Terutama ketika berjalan atau turun ke bawah menuju pantai, Anda akan melewati banyak tangga. Maksud 1000 dihitung secara keseluruhan, jadi tidak tangga yang turun ke pantai saja, ada lagi tangga ditempat lainnya di kawasan ini, kalau ditotal jumlahnya kurang lebih 1000.

Pantai, memang sugguhan spesial dari Taman Wisata Habibie. Dengan posisi berada di ketinggian, dari sini Anda bisa melihat pesona laut dengan kapal-kapal besar sebagai asesorisnya. Pemandangan gedung-gedung pencakar tetangga Singapura juga terlihat jelas dari sini. Bila ingin bersantai, ada beberapa pondok kayu untuk duduk-duduk menghadap pantai. Pantainya memiliki ciri khas sebagai pantai berbatu yang sudah mengendap menjadi daratan.

Daratan batu-batu yang membentuk relief tersendiri itu bisa menjadi background yang mendukung foto Anda.  Diseberang pantai ini, Anda akan melihat pemandangan pulau kecil namanya Pulau Putra. Jika pengunjung ingin ke Pulau Putra, ada boat yang disediakan oleh pengelola. Tarif per orangnya Rp 10 ribu. Di Pulau Putra, Anda bisa menikmati pantai sekaligus berwisata mangrove atau bakau. Dulu, pulau ini juga menjadi kediaman keluarga Habibie.

Selain bisa berwisata pantai, di Pantai Tangga 1000 ini juga terdapat sebuah pondok yang ada di pohon atau bisa disebut rumah pohon. Spot tersebut selalu menjadi tempat favorite untuk berfoto. Dengan membayar Rp2 ribu, Anda sudah bisa foto sepuasnya di rumah pohon tersebut. Bahkan, jika Anda ingin camping, pengelola juga sudah menyediakan tempatnya.

Tarif masuk wisata ini Rp 5.000/orang, parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Menuju wisata ini dari simpang Sei Harapan, belok arah ke Pelabuhan Sekupang. Begitu tiba di lampu merah PLN belok kanan. Ada pertigaan sebelum SDN 003 belok kiri melewati hotel Akasia. Kemudian, belok kiri lagi, masuk ketemu simpang dua belok kiri lurus lagi hingga ada plang tulisan Pantai Tangga Seribu. Lokasinya tidak jauh setelah Pantai Dangas.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kepulauan-riau/taman-habibie-tangga-seribu-tempat-yang-indah-di-kepulauan-riau.html
Comments
Loading...