Taman Burung dan Taman Buah Jeru, Kota Malang

0 25

Taman Burung dan Taman Buah Jeru

Warga Desa Jeru, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ‘pernah’ memiliki sebuah wisata agro bernama Taman Burung dan Taman Buah Jeru. Sayangnya, kondisi taman yang terletak di Jalan Raya Jeru itu kini sangat memprihatinkan dan cenderung terlupakan keberadaannya selama bertahun-tahun. Sejatinya, Taman Burung dan Taman Buah Jeru bisa menjadi kawasan semacam eco green park jika ada niatan dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk mengembangkannya sebagai Ruang Terbuka Hijau. Sayang sekali jika taman yang sudah memiliki fasilitas pendukung yang terbilang cukup lengkap itu jika tidak dimaksimalkan sebagai objek wisata keluarga atau wisata edukatif.

Selain memiliki kolam renang anak, di taman ini pun terdapat ayunan, dan beberapa wahana mainan lainnya. Sayang, karena tak terawat selama bertahun-tahun, fasilitas itu menjadi tak layak lagi dipakai. Gerbang masuknya yang dulu berdiri megah kini catnya pun mulai memudar. Yang paling disayangkan tentu terbengkalainya beberapa jenis tanaman langka dan obat-obatan yang ada di taman buah ini. Berada di atas lahan seluas 11 hektare, seharunya Taman Burung dan Taman Buah Jeru menjadi alternatif berwisata, mengingat Kecamatan Tumpang sendiri menjadi gerbang wisata bagi mereka yang ingin mendaki Gunung Bromo maupun Gunung Semeru.

Selain tanaman buah-buahan, di taman ini pun terdapat sejumlah sangkar burung yang dulu dikelola dengan baik. Kini, tak ada seekor burung pun yang tersisa. Taman burungnya cuma menyisakan sangkar-sangkar kosong yang salah satunya cukup menakjubkan sebenarnya saat di pandang. Ya, terdapat sangkar burung raksasa di taman ini, yang jika masih dihuni kawanan burung tentu lebih elok dipandang. Sejak tahun 2011 lalu, Taman Burung dan Taman Buah Jeru yang mangkrak ini sebenarnya coba dibangkitkan kembali oleh Pemkab Malang dengan konsep wisata petik buah, seperti Taman Buah Mekarsari di Bogor. Sayang, pembangunannya tak kunjung usai, sehingga sempat tercetus wacana untuk melepas taman ini ke pengelola swasta. Tenaga tiga SKPD yang dikerahkan Bupati Rendra Kresna, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Kehutanan, dan Dinas Pertanian dan Perkebunan tak cukup menyulap taman ini kembali ke fungsi awalnya.

Konon, tak kunjung selesainya pembangunan taman ini lantaran persoalan klasik, yaitu masalah dana. Kucuran 300 juta rupiah dari pemerintah pusat untuk pembangunan ruang tunggu dan perbaikan terhadap gerbang masuk tak cukup untuk memperbarui taman ini. Pemkab sendiri juga sudah menganggarkan 200 juta rupiah dari APBD tahun 2014 untuk perbaikan jalan sepanjang 350 meter dari total panjang tiga kilometer yang 80 persen kondisinya rusak berat. Taman Burung dan Taman Buah Jeru ini awalnya mulai dikembangkan sejak akhir tahun 1990-an. Namun, ketika berganti Bupati pada periode awal tahun 2000-an, proyek taman ini mendadak mangkrak.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2018/01/07/taman-burung-dan-taman-buah-jeru-terlupakan/
Comments
Loading...