Taman Budaya Bali – Art Centre

0 39

Taman Budaya Bali – Art Centre

Taman Budaya Bali atau juga dikenal dengan nama Art Centre, dibangun dengan tujuan untuk tempat pengembangan pusat kesenian, pelestarian budaya dan menjaga segala bentuk kearifan lokal. Tujuan yang sangat mulia ini digagas dan Taman Budaya Bali  – Art Centre didirikan oleh Ida Bagus Mantra yaitu mantan gubernur pertama, beliau adalah pemimpin yang peduli dengan nilai-nilai budaya, sehingga semua yang telah ada patut dijaga, kemudian dikembangkan agar menjadi warisan yang berguna di masa depan. Menghormati jasa-jasa beliau pelestarian ini, maka sebuah bypass terpanjang di pulau Dewata diambil dari nama beliau.

 

Sebagai daerah tujuan wisata, Taman Budaya Bali ini menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan saat melakukan tour, karena aktifitas liburan tidak hanya menikmati wisata alam seperti pantai Kuta, indahnya suasana pegunungan di Bedugul ataupun rekreasi watersport di Tanjung Benoa, namun berbagai budaya dan cipta karya seni yang ditampilkan di Taman Budaya Art Centre bisa anda nikmati dengan mudah.

Taman Budaya Bali – Art Centre Tempat Penyelenggaraan PKB

Event tahunan yang rutin diselenggarakakan di Taman Budaya Bali ini adalah Pesta Kesesnian Bali (PKB), dimulai dari pertengahan Juni – Juli pada setiap tahunnya, periode tersebut bertepatan dengan liburan sekolah, sehingga menjadi moment yang baik bagi anda, keluarga ataupun anak-anak sekolah untuk mengenal seni dan budaya lokal dari dekat. Jika anda kebetulan berada di pulau Dewata dengan tujuan plesiran, tugas kantor ataupun bisnis, maka atur waktu anda agar bisa berkunjung ke Taman Budaya Art Centre, untuk paket tour di Bali maka kami sediakan Denpasar City Tour, yang mengagendakan kunjungan ke sini.

Taman Budaya Art Centre melengkapi daftar tempat wisata di Bali yang berada di tengah kota Denpasar, lokasinya sendiri sangat mudah dijangkau dari kawasan pariwisata Kuta, Tanjung Benoa maupun dari Sanur. Perjalanan dari bandara Ngurah Rai, sekitar 45 menit naik mobil, tetapi karena Denpasar sebagai pusat kota sering terjadi kemacetan, maka kadan butuh waktu sekitar 1 jam agar sampai di lokasi. Untuk agenda Denpasar City Tour, maka objek wisata Taman Budaya Art Centre wajib dikunjungi.

Sebagai objek wisata di Bali, Taman Budaya Art Centre, buka setiap hari kecuali hari libur nasional tutup, jam bukanya; senin s/d Kamis 08.00 – 14.00 WITA sedangkan pada hari Jumat s/d Minggu 08.00 – 12.00 WITA. Namun pada saat PKB berlangsung tempat ini tidak pernah tutup dan jam buka lebih panjang sampai pukul 22.00 malam. Ini tentu menjadi kesempatan menarik bagi semua warga lokal dan warga kota khususnya, termasuk juga wisatawan, berbagai hiburan menarik bisa anda nikmati di Taman Budaya Bali dan itupun gratis tanpa dipungut tiket masuk.

Pada saat penyelengggaraan PKB di objek wisata Taman Budaya Bali, berbagai pergelaran seni pada setiap harinya, bisa anda saksikan pada kawasan ini seperti seni tari bondres, joged bungbung, sendratari, wayang, kreasi baru, geguntangan, seni tabuh banyak lagi lainnya, tergantung dari duta-duta seni setiap kabupaten di Bali yang akan mementaskan tariannya, bahkan ada dari duta luar sampai duta mancanegara. Selain itu berbagai pameran seni juga dihadirkan, seperti seni lukis, seni pahat ada juga kerajinan emas dan perak, kain batik, endek, berbagai kerajinan dan kearifan lokal dengan harga lebih murah dan terjangkau.

Pergelaran PKB Taman Budaya Bali – Art Centre dimulai pertama kali tahun 1979, dan berlangsung sampai sekarang ini dengan baik. Pesta kesenian ini dibuka pada tempat terpisah di Denpasar yaitu di depan Monumen Bajra Sandhi Renon, biasanya dibuka oleh presiden RI atau pejabat menteri yang mewakili. Menghadirkan berbagai karnaval seni dari duta-duta yang ikut memeriahkan Pesta Kesenian ini.

Lokasi Taman Budaya Bali – Art Centre

Objek wisata Taman Budaya Bali menjadi tempat terluas kedua setelah objek wisata GWK – Garuda Wisnu Kencana, dengan luas sekitar 14 hektar, Art Centre menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk berbagai pergelaran seni, apalagi lokasinya strategis di jalan Nusa Indah, Denpasar, berada di pusat kota dengan keramaian dan kesibukan terpadat, maka tempat luas, lapang dengan taman-taman tertata rapi, maka Taman Budaya Bali cocok untuk bersantai sambil menikmati sejumlah pementasan seni.

Daya tarik Taman Budaya Bali, membuat setiap harinya dikunjungi wisatawan, dengan taman-taman rapih dan sebuah anak sungai yang berada di areal taman, terkesan alami dan menarik. Dibagi menjadi 3 kawasan berbeda seperti kawasan ramai meliputi Panggung Terbuka Ardhacandra, Kalangan Angsoka, Panggung Tertutup Ksirarnawa, kemudian kawasan Setengah ramai seperti Studio Melukis, Patung Kumbakarna Karebut, Bale Wantilan, Bale Gili, Studio Patung dan Gedung Krya Sembrani Occaihcrawa, dan kawasan tenang yang meliputi Bale Pepaosan Amertha Saraswati, Pura Taman Beji, perpustakaan Widya Kusuma dan kalangan Ayodya.

Source https://www.balitoursclub.net https://www.balitoursclub.net/taman-budaya-bali/
Comments
Loading...