Taman Batu Karst Balocci Pangkep

0 13

Taman Batu Karst Balocci Pangkep

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang berada di Sulawesi Selatan menyimpan banyak banyak keindahan alam. Wisata dan lokasi unik yang menyejukkan mata.

Berbicara tentunya menyejukkan mata, tentunya kalian yang punya hobi traveling tidak akan tinggal diam untuk menemukan berbagai lokasi wisata yang nyaman dan enak dipandang mata. Nah, di Pangkep ada satu lokasi yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi para traveler yang sedang dengan lokasi unik.

Nama tempat ini adalah Taman Batu Karst yang terletak di Sepe’e Kampung Bonto-bonto, Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Bisa dijangkau dengan kendaraan sekira 35 menit dari kota Pangkajene, Pangkep.

Tempat ini menyajikan pemandangan eksotik berupa hamparan batu karst yang unik. Bahkan, beberapa diantaranya terlihat seperti sebngaja tersusun.

Tentunya ini adalah salah satu buatan alam dan bukan buatan manusia. Soalnya, mengangkat batunya saja susah, apalagi untuk dengan sengaja menatanya.

Lokasinya berada di hamparan sawah penduduk. Bisa dilalui dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Cukup bertanya dengan penduduk di sekitar, pasti mereka akan mengarahkannya.

Taman batu ini memang punya daya tarik yang bagus. Bebatuan besar warna hitam yang seperti karang ini pun cukup besar. Bahkan, susunannya terlihat seperti tangga hingga menjadi sebuah bukit.

Konon kata warga, lokasi ini dulunya tidak banyak dikenal masyarakat. Bahkan, taman batu ini hanya menjadi tempat para gembala sapi dan kerbau menambatkan hewan mereka. Baru sekitar setahun, lokasi ini banyak dikunjungi masyarakat.

Memasuki kawasan taman batu Karst, jangan pernah berharap mendapatkan papan selamat datang. Mungkin karena belum dikelolah dengan baik, jangan masuk di tempat itu hanya ada bambu dan tulisan selamat datang di batu.

Gerbangnya pun tidak ada, hanya ada bambu yang dipasangi tarif parkir bagi kendaraan roda dua dan empat. Namun lahan parkirnya pun di pinggir jalan yang masih agak sempit.

Dari pinggir jalan yang dikelilingi hamparan sawah, kita sudah bisa menyaksikan batu-batu hitam besar yang seolah tertanam. Itu hanya sebagian kecil saja dari keindahan batu Karst yang ada di tempat ini.

Jika kita semakin masuk ke dalam dengan melewati jembatan kecil, akan terlihat hamparan taman batu Karst yang luas. Mulai dari yang kecil hingga yang tinggi menjulang seperti perbukitan.

Di tempat ini banyak sekali spot yang bagus untuk berfoto. Bahkan, kalian yang juga bisa memancat hingga ke puncaknya untuk menikmati suasana taman batu dari ketinggian.

Karst sendiri adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping.

Istilah karst (diadaptasi dari bahasa Belanda, karst) yang dikenal di Indonesia diadopsi dari bahasa Yugoslavia/Slovenia, lewat istilah geologi internasional yang dipakai dalam bahasa Belanda. Istilah aslinya adalah krst/krast yang merupakan nama suatu kawasan di perbatasan antara Yugoslavia dengan Italia timur laut, dekat wilayah pariwisata Trieste.

Source http://herwinbahar.com http://herwinbahar.com/2017/11/06/luar-biasa-cantiknya-taman-batu-karst-balocci-pangkep/
Comments
Loading...