Taman Batu di Bukit Sembinai

0 50

Taman Batu di Bukit Sembinai

Kecamatan Batu Sopang ternyata memiliki wisata alam yang tidak kalah dengan daerah lain. Salah satunya adalah Bukit Sembinai. Sensasi taman batu Bukit Sembinai ini bisa ditempuh lewat jalur darat dari Tana Paser. Meski jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Paser dengan jalan berkelok, namun sepanjang jalan terbayar dengan indahnya hamparan pemandangan kebun sawit dan lereng yang masih “perawan”. Pemandangan ini pun menjadi perjalanan familiar menuju Tana Paser–Batu Kajang yang merupakan ibu kota Kecamatan Batu Sopang.

 

Bukit Sembinai merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang. Diperlukan kehati-hatian ekstra untuk menuju Bukit Sembinai. Karena selain hanya melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 1,5 kilometer, juga harus menelusuri tebing di pinggiran Sungai Kasungai yang terkenal terjal.

Dalam perjalanan menuju puncak Bukit Sembinai, tersaji keindahan alam berupa lebatnya pepohonan hutan dan air sungai yang jernih. Cukup memanjakan mata sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di Bukit Sembinai, ternyata ada gua yang cukup besar yang kita lalui. Gua yang diberi nama Haji Saini oleh masyarakat setempat tersebut menyimpan cerita tersendiri.

Konon di zaman penjajahan, warga banyak menyimpan harta mereka seperti emas dan uang di gua itu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari aksi penjarahan dari penjajah. Kondisi ruangan di dalam gua luas, bahkan tinggi langit-langitnya mencapai 10 hingga 11 meter.

Sebagian ruangan cukup mendapat cahaya dari mulut gua, sedangkan sebagian lagi terlihat gelap karena bentuk ruangan berbelok atau melengkung, sehingga cahaya tidak bisa masuk secara penuh dari mulut gua. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Gua Haji Saini, terlihat hamparan hijau hutan Kecamatan Batu Sopang. Selain itu, kita juga dapat melihat Batu Kajang dari puncak Bukit Sembinai.

Saat berada di Bukit Sembinai serasa seperti berada di taman batu. Bagaimana tidak, lelahnya menuju wisata alam di Batu Sopang ini terbayarkan dengan pesona alam yang ditampilkan. Meskipun tempat itu baru tiga bulan terakhir diketahui orang melalui media sosial, namun pengunjungnya sudah cukup banyak. Menurut warga sekitar, pengunjung wisata alam ini bukan hanya warga Kabupaten Paser.

Hal ini terbukti dengan adanya kunjungan dari aktivis pencinta alam komunitas GT (Gunung Tembak) dari Kota Balikpapan, yang sempat berkemah satu malam di bantaran Sungai Kasungai yang berpasir bersih itu. Selain, silih berganti komunitas pencinta alam dari berbagai daerah di Kaltim seperti Berau, Bontang, Tarakan dan Samarinda. 

Source http://balikpapan.prokal.co http://balikpapan.prokal.co/read/news/183153-indahnya-taman-batu-di-bukit-sembinai.html
Comments
Loading...