Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi Surganya Pecinta Anggrek

0 88

Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi ini terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi ini dulunya tertutup untuk masyarakat umum untuk waktu yang cukup lama, sekitar 20 tahunan kira-kira, tapi sekarang objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi ini sudah terbuka untuk umum, jadi jika anda berminat anda bisa berkunjung ke Taman anggrek ini brsama teman-teman dan keluarga anda. Tempatnya yang nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama duduk bersantai di sana.

Selain bersantai, Anda juga bisa menikmati kecantikan puluhan macam bunga angrek alam dan anggrek tanah, yang sulit Anda temukan di tempat lain. Bahkan ada beberapa jenis anggrek yang terbilang langka di sana. Anggrek langka ini adalah Phalaenobsis Violase, masyarakat Jambi mengenalnya dengan anggrek bulan. Habitatnya ada di kabupaten Sarolangun. Kecantikan lain terlihat dari Dendrobium liniearis, satu jenis anggrek yang ditemukan di kabupaten Muaro Jambi, atau Phaius tankervillae, bunga anggrek berwarna putih, ungu yang hidup subur di dataran tinggi kabupaten Kerinci.

Kira-kira ada 53 jenis anggrek yang beberapa diantaranya adalah jenis anggrek khas kota Jambi. Anggrek-anggrek yang ada di Taman ini hampir semuanya sudah berusia puluhan tahun, nah adapun contoh dari beberapa jenis bunga anggrek yang ada di Taman Anggrek Sri Soedewi ini antara lain adalah anggrek arundina, acriopsis, dan bolbophyllum yang merupakan jenis anggrek liar yang sering di temukan didalam hutan. Sedangkan untuk jenis anggrek tanah, contohnya adalah anggrek emma story, vandadouglas, James storie, vanda macan, berta baraga, anggrek silang, dendrobium, ocidium, cattleya, mocara, Phalaenipsis dan masih ada beberapa jenis anggrek lainnya yang dibudidayakan di Taman Anggrek Sri Soedewi ini.

Koleksi Taman Anggrek ini dulu dibangun atas usulan Prof. Dr. Soedewi Sofwan (almh), karena itu Taman yang memiliki luas areal kurang lebih 25.056 meter persegi ini diberi nama Taman anggrek Sri Soedewi. Taman Anggrek ini tidak hanya semata-mata menjadi sebuah tempat pembudidayaan anggrek saja, karena sejak taman ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1984 dan telah diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto, Taman Anggrek Sri Soedewi ini juga beralih fungsi sebagai Taman Bermain dan Pusat Pembelajaran tetang Bercocok tanam.

 

Hasil gambar untuk Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi Surganya Pecinta AnggrekDisini anda bisa diajarkan bagaimana cara untuk merawat dan membudidayakan Tanaman anggrek yang baik dan benar, disini para pengunjung juga akan diberikan bibit anggrek siap tanam, meski memang hanya jenis-jenis tertentu saja, menarik bukan? Ya, Taman anggrek Sri Soedewi ini memang tempat sangat bagus untuk dikunjungi.

Taman Anggrek Sri Soedewi adalah satu dari puluhan tempat wisata yang terkenal di Kota Jambi. Apalagi di tepi kolam juga dibangun gazebo yang suasananya pas untuk bersantai. Karena keindahannya, Taman Anggrek Sri Soedewi menjadi taman favorit bagi banyak muda-mudi yang ingin berwisata murah meriah. Harga tiket masuk taman ini hanya Rp 9000 untuk dua orang, itu termasuk biaya parkir. Selain sebagai tempat wisata, taman anggrek juga jadi tempat para calon pengantin mengabadikan foto berdua. Saat tiba musim penghujan, taman anggrek ini akan terlihat begitu asri, rumputnya hijau dan banyak bunga anggrek yang bermekaran. Sekitar bulan November hingga Februari adalah waktu yang tepat bagi Anda yang ingin melihat kecantikan anggrek Jambidi sini.

Untuk dapat menuju ke lokasi Taman Anggrek Sri Soedewi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan bisa memanfaatkan kendaraan atau angkutan umum yang tersedia di kota Jambi. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sendiri, Anda tidak perlu khawatir, karena lokasi dari Taman Anggrek Sri Soedewi tidak sulit untuk ditemukan. Karena letaknya cukup dekat dengan pusat kota, hanya sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Jambi.

Jika anda datang dari arah jalan lintas timur Palembang-Jambi, anda akan menemui simpang 3 antara Jl. Pattimura dan Jl. Lingkar barat 3, anda harus mengikuti Jl. Pattimura, sampai anda menemukan Jl. R.E. martadinata, setelah anda menemukan Jl. R.E. Martadinata, anda tinggal mengikuti saja jalan ini sampai anda menemukan Jl. Jendral Ahmad Yani. Lalu, setelah anda tiba di Jl. Jendral Ahmad Yani, anda tinggal mencari sedikit keberadaan dari lokasi Taman Anggrek Sri Soedewi ini.

Hasil gambar untuk Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi Surganya Pecinta Anggrek

Namun, jika anda terpaksa menggunakan angkutan umum atau angkutan kota, anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan atau rute sipin-telanaipura, angkutan kota ini bisa anda temukan di terminal rawasari, dan akan melewati jalan-jalan besar dikota Jambi diantaranya Jl. MH. Thamrin, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Prof. Sri Sudewi , dan anda harus stop atau berhenti di Jl.Jendral Ahmad Yani, karena disinilah Taman Anggrek Sri Soedewi ini berlokasi.

Taman anggrek Sri Soedewi ini memang tempat sangat bagus untuk dikunjungi. Akan tetapi setiap pengunjung yang ingin masuk ke areal taman ini harus melaporkan diri ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Jambi yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi taman anggrek ini. Lebih kurang jaraknya hanya sekitar 100 meter dari Objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi. Tetapi hal inilah yang menjadi alasan susahnya pengunjung untuk mendatangi Taman ini di hari Sabtu dan Minggu, Hal ini dikarenakan kantor dinas pertanian sedang libur.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jambi/taman-anggrek-sri-soedewi-jambi-surganya-pecinta-anggrek.html
Comments
Loading...