Taman Anggrek Bancea : Objek Wisata Rekreasi di Kab. Poso

0 110

Taman Anggrek Bancea

Taman Anggrek Bancea merupakan taman wisata alam yang terletak di pesisir danau poso tepatnya di Desa Bancea, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso. Untuk dapat sampai ke taman wisata alam bacea ini kita bisa menggunakan kendaraan roda empat, roda dua, maupun Katinting (Perahu Mesin) dengan jarak tempuh sekitar 40 km dari kota Tentena dan 30 km dari Desa Pendolo.

Taman Anggrek Bancea ini merupakan taman untuk pelestarian tanaman hutan yang hampir punah seperti Anggrek Hitam dan Anggrek Bulan. Selain sebagai tempat pelestarian tanaman, Taman Anggrek Bancea juga berfungsi sebagai tempat rekreasi masyarakat setempat, namun tempat ini masih kurang mendapat perhatian dari masyarakat sehingga pengelolaannya masih kurang maksimal.

Untuk masuk ke dalam Taman Anggrek Bancea ini, kita hanya perlu menyisihkan uang sebersar Rp.2000,- untuk karcis. Setelah masuk ke dalam taman, kita akan di suguhkan pemandangan yang hutan alam yang menyejukkan mata, tetapi teman-teman harus tetap berhati-hati untuk melewati jalan setapaknya karena jalannya di cor semen dan medannya yang naik turun serta banyaknya lumut yang tumbuh di jalan yang menyebabkan jalan menjadi licin sehingga teman-teman harus berhati-hati saat berjalan agar tidak tergelincir.

Setelah melewati jalan setapak yang lumayan agak panjang, kita dapat menemukan tepian Danau Poso dengan air yang jernih dan pasirnya yang halus dan putih menggugah hati ingin berenang di dalamnya  bersama kawan dan keluarga.Walaupun tempat ini merupakan tempat untuk konservasi tanaman hutan, seperti anggrek namun jumlah anggrek di dalam taman ini sudah banyak berkurang akibat seringnya penjarahan atau pencurian yang terjadi di dalamnya pada saat kerusuhan poso. Namun, saat ini sudah mulai ada perbaikan dan penjagaan yang baik untuk melindungi tanaman di dalam taman ini agar jauh dari tangan-tangan jahil manusia.

Menurut saya, tempat ini sangat cocok di gunakan sebagai salah satu alternatif tempat wisata yang di kunjungi jika kita datang ke Kabupaten Poso, Khususnya wilayah Pamona Selatan, Pamona Barat, dan Pamona Utara, karena  tempat ini sangat komplit, ada pemandangan Hutan, Gunung, Pantai (Danau Poso), Pemancingan, dll. Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk memperkenalkan Taman Anggrek Bancea ini kepada masyarakat luas agar masyarakat lebih tau lagi akan berkunjung dan berwisata kemana jika mereka sedang berada di Kabupaten Poso.

Namun jika teman-teman datang ke tempat ini, teman-teman jangan buang sampah sembarangan loh ya.. ada baiknya sampah bungkus makanan milik teman-teman di buang di tempat yang seharusnya agar lingkungan sekitar tetap bersih dan nterjaga keindahannya. Sekian dulu tulisan saya kali ini, next kita akan bahas tentang Air Terjun Saluopa dengan keindahan air terjun 7 tingkatnya.

Source http://bongkarhape96.blogspot.com http://bongkarhape96.blogspot.com/2017/11/taman-anggrek-bancea.html
Comments
Loading...