Sungai Uwe Molino : Segarnya Sungai di Luwuk Banggai

0 70

Sungai Uwe Molino

Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, memiliki banyak potensi alam yang indah. Salah satunya adalah sungai yang nampak asri dengan kerindangan alam yang menyejukkan. Sungai tersebut bernama Uwe Molino.

Lokasi Sungai Uwe Molino

Sungai Uwo Molinom ini berada di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Uwe Molino merupakan tempat wisata pemandian di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk. Jarak pemandian itu hanya sekitar 300 meter dari permukiman warga.

Namun tempat tersebut sepertinya masih jarang diketahui oleh masyarakat umum, apalagi wisatawan. Padahal jika anda tahu seperti apa tempat tersebut, kemungkinan anda enggan untuk beranjak. Di tempat tersebut, anda dapat menikmati air yang dingin dan segar di tengah suasana alam yang masih kental.

Rute Menuju Sungai Uwe Molino

Untuk mencapai lokasinya tidak sulit, anda hanya perlu menyusuri jalan setapak menurun di punggung bukit Tontouan. Tempatnya masih sepi pengunjung karena memang tidak banyak yang tahu. Jalanan menuju lokasi pun tertata rapi, maka dari itu anda perlu berhati-hati saat melangkah.

Suasana alam di sungai Uwe sangatlah asri. Nuansa alamnya masih sangat kental. Berbeda hal nya dengan beberapa tempat pemandian yang sudah tergerus modernisasi. Begitu menginjakkan kaki di sekitar lokasi, sayup sayup anda akan mendengar suara gemiricik air sungai yang mengalir deras dari kaki Gunung Tontouan.

Disana tedapat sebuah pemandian alami yang oleh warga disebut pemandian Uwe Molino. Pemandian ini merupakan sebuah kubangan air lantaran air yang mengalir dari dua air sungai yang bertemu di tempat tersebut. Nama pemandian Uwe Molono diambil dari bahasa lokal setempat yang berarti air yang jernih. Ya, memang airnya yang jernih menjadi pemikat utama sungai ini.

Di sekitar sungai pun ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang membuat suasananya sejuk dan rindang. Untuk tarif masuknya, hingga saat ini masih belum diberlakukan alias gratis. Bahkan sungai dan pemandian Uwe Molino ini masih perlu dipromosikan secara gencar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Source http://biasputih.com http://biasputih.com/tempat-wisata/sungai-uwe-molino-segarnya-sungai-di-luwuk-banggai/
Comments
Loading...