Sungai Prasejarah Sungai Baksooka di Pacitan Jawa Timur

0 53

Sungai Baksooka

Untuk wilayah barat selatan memang sudah menjadi berkumpulnya obyek wisata andalan di Pacitan. Bukan hanya Gua dan Pantai saja, para wisatawan bisa mencoba pilihan wisata alam yang lebih menantang. Salah satu alternatifnya adalah wisatawan bisa menyusuri keindahan sungai pra-sejarah Baksooka yang berada didesa Sooka Kecamatan Punung.

Sungai Baksooka ini merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Dersono Kecamatan Pringkuku dan berakhir di Pantai Ngiroboyo Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Sungai ini merupakan peninggalan jaman prasejarah dimana disekitar sungai ini merupakan situs peninggalan jaman pra-sejarah yang lebih dikenal dengan situs Ngrijangan. Pada saat masih booming batu Akik, sungai ini ramai dengan para perajin maupun para penggemar batu akik. Karena disungai banyak sekali batuan tua dan meruapakan salah satu lokasi untuk mencari bahan untuk pembuatan batu akik.

Sungai ini membentang dari Pegunungangan Sewu di daerah kecamatan Punung dan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Sungai ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Pacitan. Keindahan sungai ini bisa nikmati secara gratis dari beberapa spot yang ada. Wisatawan bisa memulai petualangan dari dusun Keladen Desa Sooka, Atau bisa langsung ke Spot Di Desa Dersono, Desa Bomo maupun titik yang  tersebar disepanjang sungai Sungai baksooka termasuk sungai berarus deras, terutama pada musim penghujan.

Pengunjung diharapkan lebih waspada jika datang pada musim penghujan. Disarankan jika ingin menyusuri keindahan sungai Prasejarah ini, datang pada saat cuaca cerah. Meskipun pada musim kemarau sungai ini tidak pernah kering dan akan lebih kelihatan kejernihan air mineral yang mengalir dari bukit kapur diwilayah Pegunungan Sewu Pacitan

Source http://www.portalpacitan.com http://www.portalpacitan.com/2017/02/menyusuri-keindahan-sungai-pra-sejarah.html
Comments
Loading...