Sungai Nyalo

0 17

Sungai Nyalo adalah sebuah Nagari yang terletak sekitar 13KM dari dermaga Carocok Tarusan, tepatnya di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, salah satu keindahan alam tersembunyi di Sumatera Barat, untuk mencapainya bisa ditempuh melalui jalan darat, namun lebih cepat sampai melalui laut. Ciri khas pantai ini adalah pasir putih dengan puluhan pohon kelapa dan disebelahnya terdapat hutan bakau. Dipantai ini sering diadakan event atau upacara kebudayaan dan festival.

Jalan menuju desa ini cukup bagus, disepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan laut yang indah dari berbagai tempat, lokasi ini sangat bagus bagi yang hobi fotografi, dari sini akan sangat leluasa untuk memotret panorama laut teluk mandeh. Kawasan Mandeh ini terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu : Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai. Disepanjang pantai dari kampung Sungai Pisang ke Kampung Carocok kawasannya cukup landai dan berpasir putih dengan beberapa pohon pelindung seperti pohon kelapa, pohon waru, pohon nangka, dan lain sebagainya.

Tujuh kampung dari 3 Nagari di kawasan ini termasuk ke dalam kawasan pengembangan wisata, yaitu : Kampung mudiak Air, Kampung Simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang dan Kampung Teluk Raya. Penduduk disekitar Kawasan ini terkenal cukup ramah tamah dan cepat berbaur dengan masyarakat pendatang, bahkan suka membantu. Perlahan namun pasti, pariwisata pun meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Para nelayan tradisional kini bisa mencari penghidupan baru dari pariwisata.

Tidak dapat disangkal lagi kiranya, jika kawasan ini disebut sebagai Paradise Of The South ( Surga di Selatan ), disurga inilah semua kedamaian dan ketenangan bisa didapat, penduduk setempat memanfaatkan ketenangan dan kedamaian teluk ini dengan melayarinya, dan mendayung perahu dengan menangkap ikan. Bahkan wisatawan yang datang kesini sering memanfaatkan danau laut ini untuk berenang dari satu pulau ke pulau lainnya, selain tentunya juga untuk menyelam, menyaksikan keindahan dasar laut dengan berbagai bentuk dan jenis kerang serta ikan – ikan yang hidup disana.

Source https://www.raunsumatra.com https://www.raunsumatra.com/home/blog/sungai-nyalo/
Comments
Loading...