Sungai Batanghari, Sungai Terpanjang di Sumatra dan Ikon Wisata Jambi

0 7

Sungai Batanghari

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatra. Sebenarnya, sebagian dari sungai ini juga mengaliri Provinsi Sumatra Barat, namun lebih dari 70% daerah aliran sungai berada di Provinsi Jambi. Memiliki panjang mencapai 800 kilometer, sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi ini menyimpan berbagai potensi wisata yang mampu menarik wisatawan daerah hingga mancanegara.

Tak hanya berperan vital dalam kehidupan masyarakat sekitar Jambi dan Sumatra Barat, Sungai Batanghari juga memiliki andil besar dalam perkembangan Kerajaan Melayu yang pernah berjaya di masanya. Dalam sejarah, tercatat terdapat beberapa kerajaan di Sumatra seperti Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Dharmasraya yang menjadikan sungai ini sebagai pusat jalur perdagangan penting.

 

Fasilitas di Sungai Batanghari

Dari segi fasilitas pendukung wisata, Sungai Batanghari ditunjang dengan fasilitas yang dapat dibilang cukup memadai. Fasilitas ini tersebar diberbagai titik, di sepanjang bantaran sungai pada tempat-tempat tertentu. Wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas seperti kamar mandi atau toilet, tempat sampah, mushola dan masjid serta berbagai tempat parkir yang cukup luas.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa perahu-perahu milik warga setempat jikalau ingin menyusuri sungai terpanjang di Sumatra ini. Para pengunjung tak perlu khawatir jika merasa haus atau lapar, karena disekitar Sungai Batanghari terdapat berbagai penjual makanan mulai warung sederhana hingga café.

Jika wisatawan ingin bermalam, terdapat beberapa alternatif hotel di Provinsi Jambi yang bisa digunakan menginap mulai kelas melati hingga hotel bintang lima. Berkunjung ke Sungai Batanghari memang wajib rasanya jika hendak berwisata ke Jambi, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di tempat wisata tersebut.

Keindahan Sungai Batanghari

Saat kamu berkunjung ke Sungai Batanghari, kamu akan disajikan dengan hamparan panjang sungai dengan segala aktivitas disekitarnya. Selain menikmati keindahan sungai, kamu juga bisa berkunjung ke jembatan pedestrian dan juga Menara Gentala Arasy yang memang dibangun untuk keperluan pariwisata Provinsi Jambi. Kamu juga bisa menyusuri sungai ini dengan menaiki perahu, dan melihat setiap sudut keindahannya.

Di kala sore hari, tempat wisata ini akan semakin ramai dikunjungi wisatawan yang hendak bersantai di pinggir sungai sembari menikmati matahari tenggelam. Terdapat café-café di pinggir sungai yang bisa kamu kunjungi, sambil menikmati jagung bakar dan sate padang. Saat malam tiba, keindahan Sungai Batanghari semakin cantik dengan adanya lampu warna-warni yang menghiasi jembatan.

Daya Tarik Sungai Batanghari

Bagi para pecinta fotografi, Sungai Batanghari seakan menjadi surga yang menawarkan begitu banyak objek menarik. Tak jarang, wisatawan yang memiliki hobi memotret datang jauh-jauh dari luar daerah untuk mengabadikan sungai terpanjang di Sumatra tersebut. Banyak sekali objek menarik yang bisa kamu bidik dengan kamera, seperti aktivitas para masyarakat setempat, serta perahu-perahu yang lalu lalang.

Tempat ini juga sering dijadikan para remaja untuk berfoto selfie. Kebanyakan, jembatan yang baru dibangun menjadi spot favorit untuk berfoto selfie. Pada jembatan ini, memang background yang ditawarkan cukup indah, apalagi disaat malam hari. Keindahan dari fenomena sunset juga menjadi objek yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Sungai-Batanghari
Comments
Loading...