Situs Megalitikum Batu Macan Lahat: Wisata Sejarah di Kab. Lahat

0 8

Sumatera Selatan memiliki potensi wisata yang mengagumkan, khususnya wisata sejarah yang ada di Kabupaten Lahat. Di wilayah ini, terhampar jejak peradaban megalitikum yang paling banyak di nusantara. Berada di dataran Pasemah, yakni dataran tinggi bagian Selatan Sumatera yang membentang mulai Pagar Alam, Lahat dan Empat Lawang, Lahat diyakini sebagai pusat pemukiman masa pra sejarah di Sumatera.

    

Ayu Kusumawati dan Haris Sukendar dalam bukunya Megalitik Bumi Pasemah menyebutkan, peninggalan situs megalitik di Pasemah menunjukkan kawasan ini telah dihuni manusia setidaknya ribuan tahun sebelum Masehi. “Daerah pegunungan Besemah (Pasemah) memang subur untuk pertanian, sehingga tak heran jika di kawasan itu menjadi pusat permukiman”, jelasnya dalam buku tersebut.

Situs megalitik berupa pahatan detail dan halus yang ada di kawasan ini mengindikasikan masyarakat Besemah (Pasemah) saat itu sudah mengenal logam. Jelaslah bahwa peninggalan megalitik Besemah sudah ada pada masa perundagian atau lebih kurang 2.500 tahun sebelum Masehi. “Inilah peradaban masa lampau yang belum tergarap dengan sempurna sebagai keunggulan destinasi wisata,” kata Deswan Irsyad, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lahat, Kamis.

Deswan mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Lahat akan fokus mengembangkan destinasi wisata yang dikenal dengan sebutan Seribu Megalit ini. Selain mengandalkan situs megalit, Lahat akan menonjolkan keindahan Bukit Jempol dan juga ratusan air terjun indah yang ada di wilayah tersebut. “Satu demi satu (air terjun) ditemukan oleh masyarakat dan diyakini masih banyak di bumi peradaban masa lampau ini,” ungkap Deswan.

Berdasarkan hasil penelitian Balai Arkeolog Palembang  di kawasan Pasemah atau Situs Jarai,  ada puluhan ribu peninggalan megalitikum yang tersebar di Kabupaten Lahat. Museum Rekor Indonesia (MURI) bahkan mencatat, Lahat merupakan wilayah dengan situs megalitik terbanyak di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Lahat memiliki 1.027 peninggalan megalitik yang tersebar di 40 situs wilayah Kabupaten Lahat yang berbatasan dengan Kota Pagaralam. Temuan berupa dolmen, batu datar, arca, lumpang batu, lesung batu, bilik batu hingga tempayan kubur, menguatkan bahwa Kabupaten Lahat memang menjadi lokasi pemukiman masa lalu.

Source https://wisatalahatblog.wordpress.com https://wisatalahatblog.wordpress.com/2017/08/11/situs-megalitikum-batu-macan-lahat/
Comments
Loading...