Sejuknya Aek Simatahuting, Pemandian Alam di Sumut

0 111

Aek Simatahuting

Wisata alam Aek Simatahuting makin ramai didatangi pengunjung yang senang bermain air. Biasanya mereka berlibur dan menghabiskan waktunya dengan berenang di air yang sejuk sambil memandangi hamparan sawah. Aek Simatahuting bisa jadi alternatif liburan Sahabat Sporto.

   

Kolam air yang berada di Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara ini menjadi magnet tersendiri. Karena panorama dan keistimewaannya yang jarang ditemukan di tempat lain. Bukan hanya karena airnya yang bening, namun juga sangat sejuk.

Sahabat Sporto tak mungkin melewatkan bermain air dan berendam. Apalagi, pemandangan sekitarnya persawahan yang hijau.  Fasilitas Simatahuting ini juga sudah cukup lengkap. Ada pondokan untuk berteduh, toilet, tempat ibadah, serta penjual makanan dan minuman yang berjejer rapi di sekitar kolam. Ternyata, di balik tempat ‘pemandian’ ini, ada cerita orang tua yang dipercaya.

Menurut warga, kolam ini adalah tempat pemandian raja-raja Damanik. Lokasinya persis di pancuran yang ada di kolam Simatahuting. Selain itu, di bawah lokasi mata air juga konon merupakan tempat mandinya para putri yang sakral dan suci. Sahabat Sporto ingin mencoba ‘mandi’ di kolam para putri dan raja?

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/explore/sejuknya-aek-simatahuting-pemandian-alam-di-sumut
Comments
Loading...