Sangalaki Island Berau

0 79

Pulau Sangalaki

Pulau Sangalakiadalah sebuah pulau nan indah seluas 15,9 ha di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan berkilau dengan lebar sekitar 12-15 meter serta perairan sekitarnya terdapat Taman Laut yang dikenal sebagai Wisata Selam (diving) dengan biota laut yang sangat beragam dan keberadaan Ikan Pari Manta akan menjadikan liburan Anda takkan terlupakan sepanjang hidup. Pasir pantai di sekitar pulau ini berwarna putih bersih, dan pasirnya terasa halus di kaki. Garis pantai Pulau Sangalaki juga begitu landai, sangat nyaman untuk bermain air ataupun berenang.

Bila mengelilingi Pulau Sangalaki hanya butuh waktu 30 menit, Anda dapat menyaksikan berbagai satwa liar diantaranya ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang and burung laut lainnya. Saat penyu naik ke daratan untuk bertelur pun menjadi pemandangan yg ditunggu para wisatawan. Pulau Sangalaki jg merupakan tempat bertelur utama bagi penyu hijau di kawasan Asia Tenggara. Pada malam hari bisa ditemui puluhan penyu yg datang kesini. Setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yg mampir ke pulau ini.

Di perairan Pulau Sangalaki ini biasanya Anda juga bisa bertemu dengan gerombolan ikan Pari Manta yang sedang meliuk-liuk indah di dalam laut. Pari manta yang berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar 7 m. Saat malam tiba ditemani rembulan malam yang sangat indah, Anda dapat menyaksikan sekumpulan Ikan Pari Manta yang menuju pulau ini. Hewan air yang semakin langka ini suka berkeliaran disekitar Pulau Sangalaki karena disini banyak tersedia makanan mereka yang berupa Plankton.

Selain itu keberadaan panorama bawah laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia. Mereka akan merasakan surga dunia bawah laut Pulau Sangalaki dengan beberapa titik spot yang sangat menakjubkan seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue,Eel Ridge,Lighthouse dan The Rockies. Buat Anda yang ingin mengeksplorasi seluruh eksotisme alam di Pulau Sangalaki tentu saja snorkeling dan diving adalah hal yang wajib dilakukan.

Di Pulau ini juga tersedia Resort Sangalaki Dive Lodge yang mempersiapkan sarana penginapan dan perlengakapan penyelaman. Pulau satu ini jg memiliki keindahan saat senja mulai menjemput. Anda bisa menikmati keindahan sunset di Sangalaki. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan, Anda bisa menggunakan Pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Atau anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan.

Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Sementara speed boat yang ada di Pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp 400.000 untuk menuju ke Pulau Sangalaki. Tidak seperti Pulau Derawan yang setiap jumat disinggahi oleh Kapal Cepat, Pulau Sangalaki tidak mempunyai fasilitas ini. Jadi satu-satunya cara adalah menggunakan speed boat sewaan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-timur/pulau-sangalaki-keunikan-alam-pantai-di-kalimantan-timur.html
Comments
Loading...