Sampuran Harimau Yang Terlupakan

0 18

Sampuran Harimau

Asahan merupakan sebuah kabupaten yang menjadi bagian dari propinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang memiliki ibukota Kisaran ini ternyata memiliki bentang alam yang tak kalah indah dan cantiknya dengan daerah lain di Sumatera Utara. Kota Kisaran menjadi Ibu Kota dari daerah Asahan dengan jarak sekitar 160 kilometer dari Kota Medan dan dapat di tempuh sekitar empat hingga lima jam perjalanan darat melalui jalur Lintas Sumatera.

Tak banyak yang tahu bahwa kabupaten ini memiliki tempat-tempat indah yang layak kamu jadikan destinasi wisata. Nah, Bagi kamu yang gemar berwisata ke Sumatera Barat mungkin tak asing lagi dengan objek wisata Lembah Harau. Ternyata di Asahan juga terdapat tebing yang tak kalah indahnya dengan yang ada di Lembah Harau. Sampuran Harimau begitulah nama tempat yang baru-baru ini populer di Asahan.

Lokasi persisnya berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan,  hanya berjarak sekitar 300 meter dari air terjun Ponot yang indah. Sampuran Harimau dulunya dikenal sebagai sebuah air terjun berdebit besar yang saking besarnya aliran air terjunnya hingga terdengar seperti auman harimau. Namun kini karena aliran sungainya yang telah dijadikan bendungan pembangkit listrik, air terjun ini secara perlahan terlupakan.

Akan tetapi meski tidak lagi dikenal sebagai objek wisata air terjun, Sampuran Harimau yang berada di dalam kawasan Ngarai Sigura-Gura kini lebih dikenal para pencinta panjat tebing atau rock climbing sebagai salah satu spot panjat tebing yang popular, hingga mencapai ketinggian 215 meter dengan sudut kemiringan vertikal 90 derajat. Karena itu, tebing di Sampuran Harimau ini dikategorikan sebagai tebing yang cukup garang dan ekstrim.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/sampuran-harimau-yang-terlupakan/
Comments
Loading...