Rumah Pohon Masamba Balebo Luwu Utara

0 8

Rumah Pohon Masamba

Rumah Pohon ini didirikan di pinggir sungai di Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dan beberapa tiang memang tertancap di dalam air. Setelah sampai di obyek wisata favorit di Luwu Utara ini, kita harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai ke rumah pohon. Perlu diingat, tangga yang terbuat dari batu-batu akan licin ketika musim hujan. Tapi tidak perlu khawatir, ada hand rail (Pegangan tangga) kok di sisi sebelah kiri ketika menuruni anak tangga.
 
Jika lelah, kita bisa beristirahat di pos-pos yang terletak di samping tangga dengan berbagai tulisan lucu dan unik yang cocok digunakan sebagai caption status di media sosial. Rumah dari kayu ini memang sangat menarik dan eksotis. Terdiri dari 3 tingkat di mana setiap tingkatnya memiliki daya tarik tersendiri. Atap dari daun nipah dan palpon dari daun pisang kering menambah kesan alami. Rumah pohon ini juga terdiri dari rotan-rotan.
Jika dilihat dari desain bangunan, kita bisa mengetahui bahwa konsep yang digunakan adalah kombinasi dari seni dan lingkungan. Seniman yang merintisnya pasti sangat ahli dan pecinta lingkungan. Dinding terdiri dari ribuan botol air mineral bekas dan juga sandal-sandal bekas. Bisa dikatakan, rumah pohon Balebo ini sukses dalam mendaur ulang sampah. Masyarakat desa ini sangat kreatif.
Daya tarik utama terletak di lantai 2. Setelah disuguhi beberapa botol bekas yang berhasil di daur ulang menjadi dinding rumah pohon, di sini kita akan disambut lukisan-lukisan dinding yang bergaya 3D.  Gambar trick art ini memang cukup menarik untuk dijadikan sasaran obyek untuk mengambil gambar, seperti sayap malaikat, ikan hiu, ular raksasa, dan beberapa lukisan menarik lainnya.
Sayangnya, rumah pohon ini tidak menyediakan buku bagi yang hobi baca. Tapi kita perlu bersyukur ketika mengunjungi rumah yang satu ini. Kita akan disambut dengan berbagai kata-kata mutiara nan inspiratif. Menurut beberapa sumber, rumah pohon Balebo ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi warga sekitar untuk merawat lingkungan sekaligus belajar bahasa Inggris.
Jangan salah, meskipun tidak seterkenal Toraja dan berbagai destinasi wisata lainnya di Sulawesi Selatan, rumah pohon Luwu Utara ini juga sukses mendatangkan turis asing dari luar negeri lho. Tidak seperti Bukit Teletubbies Balebo yang masih sepi, Rumah Pohon Masamba ini cukup ramai, terlebih saat hari liburan tiba.
Untuk dapat menikmati keindahan Rumah Pohon Balebo yang berdiri di atas pinggir sungai, kita cukup membayar secara sukarela. Update terakhir, per jiwa harus membayar Rp5.000,-. Harga yang cukup murah untuk obyek wisata yang menarik seperti ini.
Pecinta seni dan lingkungan, silahkan berkunjung ke Rumah Pohon Balebo-Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan ini. Life’s Go Green! Semoga tema ini semakin banyak diangkat diberbagai obyek wisata Indonesia dan pengunjung disadarkan untuk terus menjaga lingkungan.
Source https://www.soksimon.com https://www.soksimon.com/2018/11/rumah-pohon-masamba-balebo-luwu-utara.html
Comments
Loading...