Rumah Kayu Vanaprastha Gedong Songo Park Semarang

0 341

Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha merupakan salah satu wisata taman alam  yang terletak di kawasan candi Gedong Songo, di lereng Gunung Ungaran. Taman ini terletak pada ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Di taman ini juga ada rumah kayu yang sudah berusia lebih dari satu abad. Pada masa lalu rumah kayu ini digunakan sebagai guest house atau kantor resmi Kehutanan Candi Gedong Songo. Namun sekarang telah menjadi pelengkap di Vanaprastha Park ini yang semakin memiliki banyak fasilitas yang akan memanjakan anda dan membuat anda betah jika berkunjung ketempat wisata ini.

Lokasi Vanaprastha Gedong Songo Park 

Vanaprastha Gedong Songo Park berada di Kompleks Candi Gedong Songo, lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Dengan suhu rata-rata 19 sampai 27 derajad celcius dan berada pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Rumah kayu jati yang telah berumur lebih dari satu abad, pada masa lalu digunakan sebagai guest house atau kantor resmi Kehutanan pada jaman pemerintahan Hindia Belanda.

Daya Tarik Vanaprastha Gedong Songo Park 

Selain bisa melakukan relaksasi dengan menghirup atau menyerap bionergi, mengunjungi Vanaprastha Gedong Songo Park sekaligus dapat menikmati wisata sejarah tersebut. Di taman itu didirikan tiga rumah heritage. Rumah kayu jati yang telah berumur lebih dari satu abad. Dari lokasi-lokasi hutan Jati di Jawa, Perum Perhutani kemudian memindahkan tiga unit ke kompleks Candi Gedong Songo Park untuk keperluan kepariwisataan.

Fasilitas Vanaprastha Gedong Songo Park 

Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah melalui Kesatuan Bisnis Mandiri Jasa Lingkungan dan Produksi Lainnya merupakan salah satu pengelola kompleks cagar budaya Candi Gedong Songo. Di kompleks ini Perum Perhutani membangun taman seluas 4-5 hektar, diberi nama Vanaprastha Gedong Songo Park. Taman wisata yang mulai dibangun pada pertengahan 2010 ini.

Dan di Gedong Songo ini terdapat fasilitas di situs Perhutani, selain fasilitas villa atau rumah kayu, dalam Vanaprastha Gedong Songo Park, juga ada taman pinus, taman bermain anak, area camping, dan kursi tempat bercengkerama sembari menyesap dinginnya udara yang tertiup angin. Dibangun pula gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk yoga dan meditasi, cocok sekali bagi yang menginginkan ketenteraman.

Source wisata tribunjateng
Comments
Loading...