Rumah Jomblo di Gunung Kupang, Kalimantan Selatan

0 92

Rumah Jomblo

Jalan-jalan ke Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, jangan sampai kamu melewatkan Gunung Kupang! Rute menuju ke sana juga mudah, karena nggak jauh dari jalan raya. Uniknya, di sana terdapat rumah sangkut yang sering dijadikan orang-orang sebagai spot selfie. Pengin tahu sejarahnya? Rumah sangkut ini menjulang tinggi di atas gundukan tanah dengan bahan kayu.

  

Rumah kayu tersebut hanya satu-satunya di sana. Dulunya, memang ada pengembang yang mengikis Gunung Kupang dan menyisakan satu rumah di tengah. Sudah banyak julukan yang orang-orang berikan untuk rumah ini, misalnya hanging house, rumah setan, rumah satu, hingga rumah jomblo. Namun, orang-orang lebih akrab dengan sebutan rumah jomblo. Karena ketika rumah ini selesai dibangun, lalu ditinggalkan begitu aja dan nggak bisa dijamah orang-orang.

Berhembus cerita mistis

Sekarang sih, pintu rumah jomblo sudah tidak utuh, beberapa papan kayu terlihat tanggal, dan tanah yang tersisa di samping ditumbuh semak belukar. Karena kosong dan nggak bisa ditinggali, akhirnya berhembus cerita mistis mengenai rumah jomblo dari warga sekitar. Kabarnya, rumah jomblo “berpenghuni” dan nggak ada orang yang berani mengganggunya. Jika sampai ada yang merobohkan rumah ini, orang tersebut akan jatuh sakit.

Mendaki dengan naik tangga

Untuk naik ke atas Gunung Kupang, kamu bisa menaiki tangga yang tersedia. Tangga tersebut aman untuk dinaiki asal hati-hati. Kalau hanya sekadar selfie atau foto-foto dengan background rumah jomblo dan tidak merusak rumah, biasanya aman-aman aja, kok. Jadi, jangan ragu untuk berburu selfie di sana, ya!

Source https://www.pegipegi.com https://www.pegipegi.com/jelajahi-indonesiamu/kalimantan/ada-rumah-jomblo-di-gunung-kupang-kalimantan-selatan
Comments
Loading...