Rumah Gadang Siguntur, Dharmasraya

0 96

Rumah Gadang Siguntur

Rumah Gadang Kerajaan Siguntur terletak di Jorong Siguntur, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya atau sekitar 5 kilometer dari Kantor Bupati Kabupaten Dharmasraya. Menurut informasi dari Aciak Sarianah (keturunan ke-9 Raja Siguntur), rumah gadang ini sudah ada selama agama Islam masuk ke daerah Siguntur.

Rumah gadang ini didirikan tahun 1800-an dengan luas bangunan 118,4 m². Rumah Gadang ini sudah dipugar, yang kemudian mengubah ruangan rumah gadang dari 7 menjadi 5 ruang. Bangunan ini pada awalnya berfungsi sebagai tempat musyawarah adat ninik mamak Siguntur dan masih berfungsi sampai sekarang. Bangunan ini merupakan bangunan tradisional Minangkabau dengan ciri khas atap bergonjong, terbuat dari bahan seng, namun pada awalnya terbuat dari ijuk.

Dinding dan lantai dari bahan kayu. begitu juga jendela dan pintu. Pada awalnya bangunan tersebut kaya akan ornamen dan ukiran tradisional yang melambangkan status sosial Raja Siguntur mengingat rumah gadang ini merupakan tempat tinggal raja. Bentuk bangunan adalah rumah panggung dengan denah berbentuk persegi panjang dan memiliki teras di depannya. Pada bagian halaman dari rumah gadang ini juga terdapat rangkiang, bagian kaki arca dan megan (nisan) yang berasal dari masa pra-Islam.

Source http://dodichandra.blogspot.com http://dodichandra.blogspot.com/2013/05/rumah-gadang-siguntur-dharmasraya.html
Comments
Loading...