Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-eNWRyp.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Rumah Batu Olak Kemang, Kota Jambi

0 71

Rumah Batu Olak Kemang

Berada di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk, kawasan seberang Kota Jambi yang memiliki budaya Islam yang sangat kental. Bangunan ini merupakan rumah kediaman Said Idrus bin Hasan Al Djufri yang bergelar Pangeran Wirokusumo.

Seorang keturunan Arab yang mendapat kedudukan penting di Kesultanan Jambi. Disamping itu, menurut penuturan masyarakat, Wirokusumo merupakan besan Sultan Thaha Syaifuddin. Pangeran Wirokusumo wafat tahun 1901 dan rumah tersebut dihuni oleh keturunannya.

Keunikan Rumah Batu Olak Kemang karena terdiri dari dua lantai, arsitektur perpaduan perpaduan lokal, China dan Eropa. Unsure lokal berupa rumah panggung, pengaruh China pada bentuk atap, gapura dan ornamen naga, awan, bunga dan arca singa.

Sedangkan unsur Eropa terlihat dari tiang-tiang panggung dari bahan bata dan semen berbentuk pilar penyangga bangunan di atasnya. Pada lantai bawah dilapisi ubin, lantai dua berlantai papan/kayu. Kedua lantai ini dihubungkan dengan tangga semen seperti layaknya tangga rumah bertingkat yang banyak dipakai pada bangunan indis.

Source https://disparbud.jambikota.go.id https://disparbud.jambikota.go.id/rumah-batu-olak-kemang/
Comments
Loading...