Rumah Baileo : Destinasi Wisata Rumah Adat Maluku Utara

0 27

Rumah Adat Baileo

Rumah adat Maluku Utara pertama adalah rumah baileo yang merupakan perwakilan dari kebudayaan Maluku dengan fungsi yang sangat penting untuk masyarakat luas. Rumah baileo menjadi identitas tetap di Maluku selain gereja atau masjid. Baileo ini merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan upacara adat, menyimpan berbagai benda suci dan juga untuk balai warga. Ciri utama dari rumah adat ini adalah ukurannya yang besar serta memiliki bentuk yang berbeda dengan rumah rumah lain di sekitarnya.

 

 

Bentuk hiasan atau ornamen di rumah adat baileo ini sangat berhubungan dengan adat istiadat serta kehidupan sehari hari masyarakat Maluku. Negeri negeri yang ada di Maluku mempunyai arsitektur baileo yang berbeda meski fungsinya tetap sama. Baileo ini terbuat dari material kuat serta ditambah dengan ornamen khas Maluku. Keunikan rumah adat Maluku Utara ini adalah tidak memiliki dinding yang bertujuan agar roh nenek moyang bisa dengan leluasa untuk keluar masuk ke rumah baileo tersebut.

 

 

Rumah adat Maluku Utara ini merupakan jenis rumah panggung sehingga posisi lantai berada di atas tanah. Lantai yang tinggi tersebut memiliki makna agar roh nenek moyang bisa selalu memiliki derajat dan juga tempat yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat. Ada banyak ornamen dan juga ukiran bergambar dua ekor ayam yang saling berhadapan dan diapit dua ekor anjing pada bagian kanan dan kirinya.

 

 

Ukiran ini juga memiliki makna berupa kemakmuran dan juga kedamaian. ukiran dibuat dengan maksud agar roh nenek moyang bisa menjaga kehidupan masyarakat. Selain itu juga ada beberapa ukiran lainnya seperti bintang, bulan dan juga matahari yang diletakkan di atap dengan warna kuning, merah dan juga hitam yang bermakna kesiapan baileo sebagai balai dalam menjaga keutuhan adat dan hukum adatnya.

Source https://budayalokal.id https://budayalokal.id/rumah-adat-maluku-utara/
Comments
Loading...