Rumah Adat Karampuang Sinjai

0 124

Rumah Adat Karampuang Sinjai

Rumah Adat Karampuang Sinjai Tempat wisata ini berada di kota Sinjai yang berada di utara kota Bulukumba. yang pertama adalah Rumah Adat Karampuang.

Konon rumah adat ini adalah tempat bertemunya raja-raja dari Suku Makassar (Karaeng) Suku Bugis (Puang). itulah asal usul nama karampuang.  Rumah ini mengikuti model rumah Bugis Makassar.

Tiangnya dibuat dari kayu bitti. Antara pasak dengan tiang tidak dipaku. Lantai dibuat dari bambu yang hanya diikat dengan rotan pada pasak. Tangganya terletak di bawah kolong rumah bagian tengah, jadi pintu rumah dibuka dari bawah, dan dapur ada di bagian depan setelah pintu dibuka.

Hal unik lainnya adalah upacara yang dilakukan setiap bulan November. Upacara ini disebut Mappogau Sihanua. upacara ini menggelar beberpa atraksi. Salah satunya adalah atraksi Maddui, yaitu mengganti kayu lama yang sudah rusak dg kayu yang baru yg harus dicari dan ditarik dalam wktu 1 hari.

Source http://wisatabulukumba.blogspot.com http://wisatabulukumba.blogspot.com/2013/02/rumah-adat-karampuang-sinjai.html
Comments
Loading...