Rumah Adat Jawa Tengah (Joglo)

0 138

Berada di Jalan Lebak Bulus Raya I No 885Z, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, rumah joglo ini bisa dengan mudah Anda temukan. Dari luar memang terlihat seperti kediaman pribadi seseorang, tapi ternyata rumah unik ini bisa dikunjungi oleh wisatawan dari 4 tahun yang lalu.

Masyarakat suku Jawa mengenal beragam desain hunian dalam budayanya. Salah satu yang paling dikenal adalah desain rumah adat bernama Joglo. Desain ini lebih dikenal karena selain lebih banyak digunakan juga dianggap memiliki gaya arsitektur yang unik serta sarat dengan nilai filosofis kemasyarakatan.

Arsitektur Rumah Joglo

Rumah Joglo dibangun dengan desain arsitektur yang cukup unik. Salah satu keunikan tersebut terletak pada desain rangka atapnya yang memiliki bubungan cukup tinggi. Desain atap yang demikian dihasilkan dari pola tiang-tiang yang menyangga rumah. Utamanya pada bagian tengah rumah, terdapat 4 tiang berukuran lebih tinggi yang menyangga beban atap. Keempat tiang yang kerap disebut “soko guru” ini menyangga dan menjadi tempat pertemuan rangka atap yang menopang beban atap.

  

Fungsi Rumah Adat

Selain memiliki fungsi sebagai ikon budaya dan gambaran kehidupan sosial masyarakat Jawa, rumah Joglo pada dasarnya juga berfungsi sebagai tempat tinggal. Untuk menunjang fungsi yang satu ini, rumah adat Jawa Tengah ini dibagi menjadi beberapa susun ruangan dengan fungsinya masing-masing seperti terlihat pada denah di samping, yaitu:

Rumah Adat Jawa Lainnya

Selain rumah Joglo, sebetulnya ada beberapa desain rumah adat Jawa Tengah lainnya yang dikenal dalam budaya masyarakat suku Jawa, yaitu rumah Panggang Pe, rumah Kampung, rumah Limasan, dan rumah Tajug. Masing-masing desain rumah ini terbagi lagi menjadi beberapa sub desain seperti yang dijelaskan sebagaimana berikut:

Source https://www.nusantaratv.com https://www.nusantaratv.com/lifestyle/read/10112635/Rumah-Adat-Jawa-Tengah-Joglo-Gambar-dan-Penjelasannya
Comments
Loading...