Riam Budi, Wisata Alam di Kabupaten Bengkayang

0 90

Riam Budi

Riam Budi, begitu masyarakat menyebutnya, satu diantara sekian banyak riam yang berada di Kabupaten Bengkayang ini cukup memberikan kepuasaan tersendiri jika mandi di bawah derasnya air yang turun dari ketinggian, Berjarak hanya sekitar sembilan kilo meter dari Bengkayang, terletak di Dusun Riam Pelayo, Kec. Sungai Betung.

Airnya yang segar dan jernih ini serasa menghilangkan kepenatan kita apabila hadir disana. Tingginya air yang jatuh dari tebing tersebut sekitar lima meter. Namun keindahan alam Riam Budi tidak didukung dengan sarana infrastruktur untuk menuju ketempat tersebut. Jalannya separuh aspal separuhnya lagi pengerasan batu, namun riam ini cocok pula untuk lokasicamping ataupun bagi mereka yang hobi fotografi sangat cocok untukHunting.

Secara teknis tempat ini sangan bagus untuk potensi pariwisata namun sayangnya belum tergarap dengan maksimal oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkayang.“Potensi alam yang baik, namun tak didukung dengan perhatian Pemerintah, khususnya Dinas Pariwisata untuk mengembangnya,” kata Endrik, salah seorang pengunjung.  Frans Wijaya, Kasi Promosi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkayang belum lama ini mengakui kayanya Kabupaten Bengkayang atas potensi pariwisata.

Dia  mengakui, pembangunan pariwisata tersebut belum dilakukan dengan baik karena terbenturnya anggaran yang besar. “Kita berupaya dengan maksimal mungkin. Kita bergiat untuk mengembangkan wisata. Hal yang telah nampak bagaimana semakin dikenalnya kebudayaan nyobeng di sebujit dengan rumah balug sebagai rumah adatnya,” kata Frans. Perlu diketahui, Kabupaten Bengkayang memiliki destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Bengkayang sangat lengkap, mulai dari pantai air terjun, pegunungan hingga kebudayaan.

Source http://ayokebengkayang.blogspot.com http://ayokebengkayang.blogspot.com/2016/10/riam-budi-wisata-alam.html
Comments
Loading...