Wisata Religius Vihara Widhi Sakti Sukabumi Jawa Barat

0 141

Vihara Widhi Sakti

Vihara Widhi Sakti merupakan salah wisata religius yang terletak Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan Pajagalan. Letaknya yang di pertigaan jalan sehingga bagian samping kanan bangunan berada di tepi Jalan Lettu. Secara administratif, vihara ini masuk dalam wilayah Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong. Secara astronomis terletak pada koordinat 6°55’32” LS  dan 106°55’33” BT.

Vihara Widhi Sakti adalah salah satu dari beberapa vihara yang ada di Kota Sukabumi. Vihara ini merupakan tempat ibadah agama Buddha aliran Mahayana yang mayoritas umatnya adalah golongan etnis Tionghoa. Bangunan seluas sekitar 900 m2 ini pertama kali dibangun pada tahun 1916 berukuran masih kecil. Kemudian pada tahun 1986  mengalami renovasi serta perluasan bangunan. Vihara ini dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Widhi Sakti.
Secara umum bangunan ini didominasi unsur-unsur tradisional Cina yang kental sepert ornamen berbentuk naga, pengunaan warna merah dan kuning, dan atap pelana kuda menunjukkan hal tersebut. Dua stupa pada bagian atap menunjukkan ciri tempat peribadatan agama tersebut. Stupa juga terdapat pada bangunan bertingkat yang terletak pada bagian tenggara vihara yang merupakan bangunan pagoda. Bangunan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian peribadatan dan bagian profan. Pada bagian pintu depan terdapat hiasan swastika.

Bagian peribadatan berisi perangkat peribadatan seperti arca-arca dewa dan altar persembahan serta lampion dengan warna yang dominan di ruang ini adalah warna merah menyala. Tiang-tiang di ruang ini berwarna merah menyala. Sementara itu, bagian lainnya untuk urusan kegiatan sehari-hari seperti kantor yayasan. Selain sebagai tempat beribadah, di vihara ini sering dilakukan kegiatan seni budaya yang bernuansa Tionghoa. Salah satu contoh kegiatan adalah kesenian barongsay secara berkala berlatih dan ditampilkan di tempat ini.
Source wisata disparbud
Comments
Loading...