Rafting di Sungai Telaga Waja, Karangasem Bali

0 25

Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah Bali Timur, merupakan sungai terbesar kedua setelah Ayung, airnya berasal dari beberapa buah sumber mata air, seperti mata air Lipang, mata air Arca dan mata air Telaga Waja. Kemudian banyak lagi sumber mata air kecil,  kemudian bermuara ke Telaga Waja seperti sungai Yeh Sah yang juga bersumber dari mata air alam. Gabungan sungai dan mata air alam tersebut membuatnya tersebut memiliki debit air yang besar, aliran lebih deras dan jernih, sehingga menjadi tempat rafting terbaik di Bali.

Sepanjang aliran sungai Telaga Waja, menyuguhkan pemandangan alam asri dan alami, belum terjamah, pemandangan petak-petak terasering sawah adalah merupakan ciri khas yang mendominasi alam sekitarnya, kemudian tebing-tebing tinggi, air terjun kecil, lembah yang dipenuhi peophonan tropis, dengan latar gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung berpadu serasi menyuguhkan panorama alam damai, tenang dan jauh dari polusi udara. Airnya lebih jernih dan deras dibandingkan jika anda menikmati rafting di Ayung, trek atau lintasan arung jeram lebih panjang, sekitar 12 km dari finish sampai start point, lebar sungai sekitar 5 meter, dengan durasi waktu tempuh sekitar 2.5 jam.

Rafting di Bali dengan lokasi sungai Telaga Waja, menjadi salah satu pilihan populer wisatawan, rafting di sini menawarkan sejumlah kelebihan, sehingga kegiatan arung jeram di tempat ini sangat populer. Sejumlah kelebihan yang ditawarkan diantaranya; memiliki jeram yang cukup tinggi sekitar 5 meter sehingga sensasi tersebut tidak bisa anda temukan di tempat lainnya, berasal dari mata air pegunungan bahkan dasar sungaipun bisa terlihat dengan jelas karena kejernihannya, aliran airnya lebih deras dan trek lebih panjang akan memberikan pengalaman lebih untuk memacu adrenalin penikmatnya. Harganyapun cukup murah hanya Rp 270.000/orang.

Lokasi rafting di pertemuan antara sungai Yeh Sah dan Telaga Waja, dekat jembatan di desa Muncan, Kec. Rendang, Karangasem. Sejumlah provider rafting siap memberikan pelayanan terbaik seperti Alam Rafting, Bali River View, Sobek dan sejumlah lainnya. Dari pelataran parkir menuju start point rafting di Telaga Waja tidaklah begitu jauh menuju dasar lembah sungai, melewati petak-petak sawah dengan jalan datar dan santai. Jadi rafting di Telaga Waja cukup direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman lebih, cocok untuk anak-anak maupun dewasa dengan tingkat kesulitan 3 – 4, tingkat tantangannya diatas Ayung.

Jarak tempuh dari bandara menuju sungai Telaga Waja sekitar 1.5 jam berkendaraan. Dalam paket pemesanan rafting di Bali biasanya sudah termasuk antar jemput ke hotel. Tetapi jika anda ingin menikmati objek wisata di Bali lainnya yang berdekatan dengan Telaga Waja, maka anda bisa sewa mobil di Bali plus supir atau memesan paket tour lengkap dengan kegiatan arung jeram atau rafting. Sejumlah objek wisata terdekat dari lokasi rafting yang bisa anda kemas dalam paket tour adalah objek wisata Bukit Jambul, Besakih, desa Sidemen dan Putung. Semua tempat tersebut merupakan kawasan wisata di Karangasem atau Bali Timur.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/sungai-telaga-waja/
Comments
Loading...