Putri Nagur, Pemandian Alamiah Kab. Serdang Bedagai

0 25

Pemandian Putri Nagur

Pemandian Putri Nagur begitu namanya. Pemandian alamiah ini berada di aliran Bah Kuliat, di Desa Tinokkah, Kec. Sipispis, Kab. Serdang Bedagai. Pemandian ini, cocok untuk mereka yang menyukai kesejukan, kejernihan air sungai pegunungan, pemandangan alam dengan jejeran pegunungan Simbolon dan bentangan persawahan yang eksotis. Semua itu, dinikmati tanpa harus membayar. Di musim penghujan, debit air di pemandian Putri Nagur akan penuh dan itu memberi sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Pemilik lahan pemandian Putri Nagur S. Damanik, mengatakan lokasi pemandian ini dinamakan demikian, karena dulunya wilayah ini masuk dalam Kerajaan Nagur. Kerajaan Nagur disebut-sebut sebagai kerajaan tertua etnis Simalungun, sekira abad 5-11 M. Pusat kerajaan ini berada di Naga Raja berjarak hanya sekira seribu meter dari lokasi pemandian. Kini situs pusat kerajaan itu telah ditemukan berada di hilir dari pemandian Putri Nagur.

Bah Kuliat adalah salah satu anak Bah Bolon yang di hilirnya disebut Sungai Padang. Jika pengunjung tak cuma ingin menikmati sejuknya pemandian Putri Nagur, bisa datang ke Ancol, pemandian yang berada di Desa Buluh Duri, Kec. Sipispis untuk kegiatan rafting. Beberapa tahun belakangan pesona jalur Bah Bolon bisa dinikmati pengunjung. Caranya, pengunjung bisa mendaftar pada pengelola rafting Bah Bolon, yakni ‘Sei Bah Bolon Whitewater Rafting’ yang memberikan jasa profesional untuk menikmati kegiatan itu. Cukup mengeluarkan dana Rp750 ribu/orang atau sesuai kesepakatan, pengunjung berkelompok maupun keluarga bisa menikmati liku-liku Bah Bolon.

Di kawasan Bah Bolon juga ada pemandian alam yang dikelola secara profesional, yakni ‘Pemandian Batu Nongol’ yang sejak bertahun-tahun lalu telah menarik minat masyarakat luas dari berbagai daerah.  Pemandian ini tak kalah pesonanya dengan Bukit Lawang, disamping berbagai jenis permainan yang disediakan pengelolanya. Tiket masuk hanya Rp15 ribu/orang yang dinilai wajar untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Semua kegiatan wisata di Bah Bolon baik yang gratis hingga yang harus berkocek tebal, telah dikenal luas keseluruh negeri. Namun, untuk pengunjung dari luar daerah mereka akan kesulitan dengan penginapan, sehingga harus pergi ke Medan. Ini menjadi peluang bagi kota Tebingtinggi yang hanya berjarak sekira 24 km dari tempat itu.

Source http://abdulkhalik-news.blogspot.com http://abdulkhalik-news.blogspot.com/2015/01/wisata-murah-dan-meriah-datanglah-ke.html
Comments
Loading...