Pusat Laut Donggala : Sensasi Berenang di Sumur Raksasa

0 61

Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala merupakan sebuah sumur raksasa yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh bebatuan. Air di dalam sumur ini terlihat jernih dan berwarna biru seperti lautan, serta terasa asin kalau dikecap. Dari sekian banyak orang berenang di kolam ini tapi airnya tetap jernih dan tidak pernah keruh.

Air di sumur ini sangat unik, air di sumur ini akan pasang bila air laut sedang surut. Demikian sebaliknya, air di dalam kolam akan surut apabila air laut sedang pasang. Pusat laut Donggala terdapat di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Oleh masyarakat setempat, Pusat Laut Donggala disebut dengan Pusentasi. Pusentasi berasal bahasa kalili yang juga merupakan suku asli Provinsi Sulawesi Tengah. Kata “pusen” memiliki arti pusat, sementara kata “tasi” artinya laut. Apabila Anda berkunjung ke Pusat Laut Donggala atau juga di kenal sebagai Pusentasi, sempatkanlah untuk berenang.

Anda akan merasakan sensasi berenang yang luar biasa di dalam sebuah sumur raksasa dengan air yang sangat jernih. Banyak masyarakat setempat meyakini bahwa sumur besar ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, beberapa pengunjung datang dari kejauhan hanya untuk berendam selama beberapa saat.

Kadang-kadang pengunjung yang tidak dapat mengambil air sumur tersebut menyuruh anak-anak yang ada di sekitar untuk mengambilnya dengan upah tertentu. Mereka yakin bahwa air yang berasal dari sumur raksasa tersebut dapat menyembuhkan banyak penyakit, terutama penyakit kulit.

  

Pusat Laut Donggala atau Pusentasi memiliki diameter 10 meter dan kedalaman 7 meter. Di Pusat Laut Donggala ini terdapat jalur yang menghubungkan antara sumur dan laut. Jalur inilah yang membuat air di sumur ini terasa asin. Pada saat ini, lubang yang menghubungkan antara sumur dengan laut telah tertutup dengan batu.

Pusat Laut Donggala berada di sekitar Pantai Donggala. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih yang sangat cocok untuk berjemur sambil menikmati sinar matahari dan pepohonan yang rindang. Selain itu, di pantai ini juga cocok bagi Anda yang suka snorkeling dan diving.

Pada saat ini, kawasan pantai donggala  sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Agar lebih leluasa menikmati serunya berenang di Pusat Laut Donggala serta menikmati keindahan Pantai Donggala sekaligus, dianjurkan untuk menginap sekitar 1-2 hari.

Penginapan

Disekitar Pantai Donggala terdapat banyak penginapan dengan harga yang bervariasi. Pada umumnya penginapan-penginapan tersebut sudah cukup bagus dan murah.Di sekitar Pusat Laut Donggala terdapat banyak warung makanan yang bisa Anda cicipi masakannya.

Akses Menuju Pusat Laut Donggala

Tersedia penerbangan setiap hari dari Kota Jakarta ke Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Palu. Dari Kota Palu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan mobil menuju Kota Kabupaten Donggala yaitu Banawa dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Dari Kota Banawa dilanjutkan perjalanan sekitar 10 menit menuju Pusat Laut Donggala di Desa Limboro.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/indonesia/sulawesi-tengah/pusat-laut-donggala-di-provinsi-sulawesi-tengah-sensasi-berenang-di-sumur-raksasa-
Comments
Loading...