Pura Taman Ayun Mengwi di Badung

0 30

Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi mrupakan salah satu tempat wisata religi yang berlokasi di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Jika anda berangkat dari kawasan tempat wisata Seminyak, anda harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer ke arah jalan Kerobokan, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit, jika tidak terjadi kemacetan lalu lintas jalan raya.

Bila tidak membawa kendaraan pribadi, anda dapat memanfaatkan angkutan umum jurusan Denpasar – Singaraja atau Denpasar – Bedugul. Kemudian anda dapat turun di persimpangan jalan, di Desa Mengwi dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi, dengan berjalan kaki sekitar 250 meter.

Daya Tarik Pura Taman Ayun Mengwi

Taman Ayun dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik. Tempat wisata Taman Ayun Mengwi memiliki pemandangan yang indah. Pesonanya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura, yang berada di atas lahan seluas 4 hektare. Dari kejauhan kolam tersebut terlihat seperti gelang air, sehingga seolah-olah bangunan pura berada di atas permukaan air. Pemandangan yang indah tersebut semakin lengkap dengan tumbuhnya rerimbunan pohon dan bunga di sekitar bangunan pura.

Kompleks pura terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Pada bagian pertama, digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, wisatawan bisa menikmati indahnya susunan “meru”, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

Sedangkan pada bagian kedua, wisatawan akan menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang dihiasi oleh seni ukir, relief, serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah. Daya tarik lain yang dapat dinikmati oleh wisatawan berwisata ke tempat ini adalah peninggalan Kerajaan Mengwi yang berada sekitar 300 m dari pura itu, serta Museum Manusa Yadnya.

Dalam museum tersebut, wisatawan bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia, mulai dari dalam kandungan sampai meninggal. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari wisma, hotel kelas melati, hingga hotel berbintang. Warung makanan kecil dan restoran juga sangat mudah dijumpai. Menu yang ditawarkan bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Source https://www.rentalmobilbali.net https://www.rentalmobilbali.net/pura-taman-ayun/
Comments
Loading...