Pura Bawah Laut Pemuteran, Bali

0 34

Pura Bawah Laut Pemuteran

Pura Bawah Laut ini menjadikan keindahan bawah laut yang unik dan elok dipandang mata. Pura tersebut, berada di Desa Pemuteran kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Pura ini sempat disebut sebagai peninggalan Atlantis. Tapi keraguan muncul ketika candi yang terbuat dari batu itu terlihat utuh, tidak terkorosi air laut. Rupanya, bangunan candi tersebut sengaja ditenggelamkan oleh sekelompok penggiat lingkungan sebagai upaya konservasi.

Hasil gambar untuk Pura Bawah Laut Pemuteran, Bali

Mulai tahun 2000, berbagai benda seni ditenggelamkan di teluk tersebut. Nama lokasi ini adalah Taman Pura. Menyelam di sini, Anda akan menemukan bangunan candi lengkap dengan patung-patung seperti Buddha dan Ganesha. Semua benda seni ini dibeli langsung dari pengrajin setempat. Sekarang, benda-benda seni itu berhasil tertutup oleh koral warna-warni. Terlebih lagi, masyarakat setempat mengusung konsep Bio Rock yang bisa menciptakan koral baru dengan cara yang sama sekali berbeda.

Kerangka besi ditenggelamkan ke dasar laut. Tak hanya didiamkan, tapi juga dialiri listrik sebesar 6-10 volt. Listrik ini dialiri terus menerus sampai terumbu karang dianggap sudah dewasa. Cara ini bisa menghidupkan terumbu karang 2-6 kali lebih cepat dibanding biasanya. Proyek Bio Rock tersebut sudah berlangsung di Desa Pemuteran selama 14 tahun. Untuk bisa ke Pura Bawah Laut, Anda dapat menyewa perahu untuk menuju lokasi.

Hasil gambar untuk Pura Bawah Laut Pemuteran, Bali

Setelah sampai di lokasi tersebut, kedalamannya hanya sekitar 30-40 meter sehingga sangat tepat dinikmati dengan menyelam. Pelestarian terumbu karang di wisata bahari Pemuteran Bali Utara ini mendapat pengakuan dunia, baik itu dari lembaga pelestarian terumbu karang dunia maupun United Nation Development Program (UNDP). Untuk itu bagi Anda berhati-hatilah dan tidak melakukan beberapa hal yang bisa mengakibatkan kerusakan terumbu karang sewaktu melakukan kegiatan snorkeling atau diving di sana.

Hasil gambar untuk Pura Bawah Laut Pemuteran, Bali

Untuk menuju lokasi wisata bahari Pemuteran, dari penyeberangan Gilimanuk berjarak 30 km ke arah kota Singaraja. Atau dari kota Denpasar bisa ditempuh sekitar 3–4 jam perjalanan. Banyak Hotel serta resort pinggir pantai ini sebagai tempat akomodasi. Jika ingin yang lebih murah banyak guest house yang dapat disewa tidak jauh dari pantai. Atau anda bisa cari hotel murah yang dekat dengan lokasi wisata.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/pura-bawah-laut-pemuteran-keindahan-bawah-laut-yang-unik-di-bali.html
Comments
Loading...