Puncak Tubia, Spot Foto Keren di Kab. Tanah Datar

0 7

Puncak Tubia

Puncak Tubia yang terletak di Jorong Nagari, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar. Tidak sulit menemukan Puncak Tubia. Ketika anda berkunjung ke Nagari Sumpur atau atau kawasan rumah gadang Siti Fatimah, Sumpur, maka disanalah perjalanan ke Puncak Tubia berawal. Di belakang rumah gadang Siti Fatimah ada jalan setapak menuju Bukit Tubia.

Mengayun langkah, melintasi kebun dan pepohonan rindang, pikiran terasa tenang. Belum lagi angin semilir yang sejuk bertiup menerpa, nafas yang tersengal sedikit mereda. Di sepertiga perjalanan melewati kebun penduduk, Danau Singkarak menampakkan wajahnya. Sehabis melewati kebun sawo berbuah lebat, perjalanan menuju Puncak Tubia akan menempuh jalan setapak di punggung bukit yang dikiri kanannya ditumbuhi rumput rendah.

Pohon-pohon sawo masih ada dan satu dua ada pohon jambu monyet. Tidak berapa lama bertemu hamparan rumput rendah, dan disana tampak hamparan Danau Singkarak, kampung-kampung Nagari Sumpur dan sekitarnya. Dari Puncak Tubia juga tampak Batang Sumpur yang melintasi Nagari Sumpur dan meliuk di kaki bukit, persawahan dan pepohonan hijau perbukitan 700 meter.

 

Walaupun saat ini tidak ada lagi  sisa rumah empat suku di Puncak Tubia, tetapi sekumpulan batang bambu yang tumbuh dan sebuah mata airdi Puncak Tubia itu adalah bagian dari rumah empat suku dulunya. Membayangkan masa ratusan tahun lalu, keberadaan rumah empat suku di Puncak Tubia yang di depannya terhampar luas Danau Singkarak dan Batang (sungai) Sumpur mengalir di bawahnya, tentulah suatu lingkungan tempat tinggal yang mengagumkan.

Apalagi ketika itu alam masih asri, pemandangan danau dan cahaya matahari pagi jatuh di air danau dan pepohonan hijau, kesan itu masih bisa dirasakan saat berada di Puncak Tubia. Rasa ingin berlama-lama di Puncak Tubia yang menyenangkan dikunjungi saat udara cerah, karena hujan jalan setapak akan licin. Jika suatu kali anda ingin berkunjung ke Puncak Tubia, pergilah dengan pemandu yang sudah dimiliki Forum Kampung Minang, Sumpur.

Source https://www.boyyendratamin.com https://www.boyyendratamin.com/2016/09/puncak-tubia-tempat-terbaik-menikmati.html
Comments
Loading...