Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-8hXhoh.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Puncak Pua Janggo, Spot Selfie Favorit di Bulukumba

0 50

Puncak Pua Janggo

Puncak Pua Janggo ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di bulukumba. Tempat ini memang belum familiar di kalangan pelancong atau wisatawan lokal, apalagi pengunjung dari luar Bulukumba. Padahal, Puncak Pua Janggo masih berada di kawasan Bira dan tak jauh dari Pelabuhan Bira.

Puncak Pua Janggo adalah puncak dataran tertinggi di Tanjung Bira yang mulai populer pada pertengahan Tahun 2016. Tempat ini pun jadi salah satu tempat selfie terfavorit di kawasan Wisata Tanjung BiraBerada di puncak, Anda bisa menyaksikan seluruh daratan dan garis Pantai Tanjung Bira. Anda bebas memilih latar foto selfie yang menyajikan panorama keindahan alam di Tanjung Bira.

Pelabuhan Bira dan kapal Pinisi yang berlabuh bisa jadi salah satu latar foto landskap saat berselfie. Pulau Kambing dan penampakan Kabupaten Kepulauan Selayar dari kejauhan terlihat jelas dari puncak ini. Dari puncak, terbentang lautan lepas dimana di sisi timur mengarah ke Teluk Bone dan bagian selatan mengarah Selat Makassar Tiupan angin barat dan timur jadi penyejuk saat berada di Puncak Pua Janggo. Apalagi, terdapat beberapa pohon rindang di lokasi ini.

Di Puncak Pua Janggo terdapat spot selfie yang sengaja dibuat pemerintah setempat yang telah dipagari dengan lantainy disemen. Ukurannya berdiameter sekitar dua meter.Belum ada fasilitas pendukung lainnya di obyek wisata puncak di Bira ini. Hanya ada bangunan kayu mirip baruga berukuran kecil tetapi kondisinya sudah rusak.

Selain itu terdapat satu bangunan lagi yang kadang dijadikan tempat ritual kepercayaan warga setempat.Rencananya, puncak ini jadi salah satu titik wisata di Bira yang akan dipoles dan ditambah fasilitasnya. Bahkan, dinas pariwisata setempat mempertimbangkan untuk membuat wahana flying fox menuju bibir Pantai Bira.

Akses Menuju Puncak Pua Janggo

Lokasi Puncak Pua Janggo bejarak sekitar 2 kilometer dari Pantai Bira. Untuk mencapainya bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Biaya masuk lokasi ini dikenakan biaya retribusi Rp 10 ribu per orang. Jalan masuk ke Puncak Pua Janggo berada sebelum pos gerbang masuk Pantai Bira.

Jika dari arah kota Bulukumba menuju pos gerbang masuk Pantai Bira terdapat belokan jalan yang menuju Puncak Pua Janggo. Kondisi medan jalan belum sutuhnya mulus, karena itu pastikan kondisi kendaraan Anda cukup baik untuk melalui jalan mendaki di atas jalan pengerasan.

“Selain Pantai Ujung Selatan Bira di titik Nol Kilometer, Puncak Pua Janggo ini juga bakal menjadi pesaing baru wisata Pantai Bira di masa mendatang. Kedua objek ini akan kami kelola,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba Muh Ali Saleng. Untuk memoles titik potensi wisata baru di kawasan Tanjung Bira itu, pemerintah setempat mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 1 miliar.

Sejarah Pua Janggo 

Penamaan Puncak Pua Janggo (Puncak Bira) memiliki nilai historis di Bira. Olehnya, terdapat sarana ritual warga di puncak tersebut. Puncak ini disebut oleh warga Bira sebagai tempat yang sering digunakan istirahat oleh Pua Janggo dalam menyiarkan Agama Islam.

Pua Janggo adalah sebutan terhadap seorang ulama penyiar Agama Islam di kawasan Bira di zaman dulu. Pua Janggo adalah ulama penerus ajaran Islam di Bulukumba setelah Dato Tiro.

Meski terdapat semacam kuburan di puncak ini, tetapi itu bukan makam Pua Janggo. Makam Pua Janggo terletak di dekat Kantor Desa Bira, Kecamatan Bontobahari.

Source http://makassar.tribunnews.com http://makassar.tribunnews.com/2017/01/18/puncak-pua-janggo-spot-selfie-favorit-di-bira?page=2
Comments
Loading...