Puncak Makkaroewa : Spot Foto Keren di Maros

0 92

Puncak Makkaroewa Maros

Puncak Makkaroewa yang terletak di Dusun Labuaja, Kecamatan Cenarana, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. 
Puncak Makkaroewa ini sebenarnya sudah lama berada di Dusun Labuaja namun lahannya digunakan sebagai Kantor Divisi Infratel Area Network Makassar, Stasiun Tranmisi Gelombang Micro Digital, GN. Destinasi wisata baru yang bisa dinikmati oleh khalayak umum oleh organisasi yang digerakkan oleh pemuda pemuda labuaja yaitu FORLAP (Forum Labuaja Bekerja), dimana organisasi yang beranggotakan pemuda dengan jumlah kurang lebih 30 orang, bekerja bersama dan gotong royong, membangun, membersihkan bahkan mempercantik tempat ini.
  
Untuk anda yang ingin berkunjung ke Puncak Makkaroewa anda harus melakukan perjalanan ke Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros yang jika ditempuh dari Kota Maros kira-kira memakan waktu kurang lebih 1 jam yang bisa ditempuh menggunakan motor,mobil maupun kendaraan umum, di perjalanan silahkan perhatikan disebelah kiri anda jika anda telah melihat kantor desa labuaja, berarti kurang lebih 35 meter kedepan sebelah kiri, terlihat papan telkom yang menandakan jalan masuk ke puncak makkaroewa.

Setelah melihat papan masuk telkom, silahkan masuk dan menanjak menggunakan kendaraan anda, mobil dan motor bisa masuk, namun untuk mempermudah sebaiknya menggunakan motor, anda jangan takut karena diatas telah disediakan lahan parkir untuk kendaraan anda, di perjalanan pejalan akan dimanja dengan pemandangan hutan pohon pinus di kiri kanan anda. Jangan berhenti menanjakkan motor anda sampai anda menemukan papan bertuliskan “Selamat Datang” yang terpasang pada pohon pinus tumbang.
Setelah sampai dan kendaraan telah di parkir, silahkan registrasi dulu dengan catatan, karena wisata ini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan, anda akan diminta untuk memberikan donasi secara sukarela dan seikhlasnya. jangan tanya admin nyumbang berapa. Seusai registrasi anda sudah bisa menikmati pemandangan yang disediakan desa wisata ini. Mulai dari swafoto dari ketinggian, menikmati segarnya hutan pinus, hingga membaca buku dengan sensasi yang berbeda, semuanya bisa dilakukan dari atas puncak makkaroewa.
Selain, tempat membaca dan hutan pinusnya, keindahan tempat wisata ini bukan hanya berasal dari ketinggian namun juga dari kreatifitas para pengelolah membuat hal-hal unik bernuansa alam yang dapat digunakan untuk berfoto, seperti tempat duduk dengan view menghadap gunung& ladang, kemduian tempat foto menara segitiga yang terbuat dari kayu asli, dan papan kata yang berisi berbagai macam kata-kata unik seperti “Boleh berduaan asal jangan ta’liwa”, “Pastikan padam sebelum dibuang”, “Pantang pulang sebelum selfie”,”Stop ilegal logging pohon dan bambu” dan masih banyak kata kreatif lain yang dibuat oleh teman-teman forlap yang unik dan berisi pesan moral yang sangat mendalam.

Setelah menikmati berkeliling dan berfoto admin, menyempatkan sharing dengan pengelolah tempat ini yaitu Ketua Umum FORLAP, dari hasil sharing dan percakapan kami, kesimpulannya meskipun belum ada bantuan langsung dari pemerintah, para pemuda forlap mampu mengembangkan daerah mereka, meskipun dengan dana seadanya mereka mencoba menyiapkan hammock yang bisa dipakai gratis oleh pengunjung, kemudian buku yang digunakan untuk membaca disini merupakan sumbangan dari beberapa pihak yang mendukung gerakan literasi di maros. Besar harapan mereka mendapatkan bantuan berupa alat-alat untuk menjaga keselamatan pengunjung, dan alat komunikasi berupa HT (Handy-Talkie) untuk mereka berkoordinasi dan berkomunikasi untuk menjadi keselamatan para pengunjung.
Source https://anekawisatanusantara.blogspot.com https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2017/05/wisata-alam-puncak-makkaroewa-maros.html
Comments
Loading...