Puncak Lawang : Menikmati Keindahan Alam Pulau Agam

0 33

Puncak Lawang

Puncak Lawang adalah sebuah dataran tinggi yang berada di puncak perbukitan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa melihat Danau Maninjau yang biru. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang ini berada di area yang sama dengan Danau Maninjau.

Dari titik ini, kita bisa melihat seluruh pemandangan Danau Maninjau. Puncak Lawang berada pada ketinggian 1210 meter di atas permukaan laut. Pada zaman kolonial, daerah ini digunakan sebagai tempat peristirahatan para bangsawan Belanda. Puncak Lawang sering digunakan untuk kejuaraan paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu tempat terbaik di Asia Tenggara. Untuk mencapai puncak, dalam perjalanan kita akan melewati Kelok 44 yang terkenal.

   

Dari atas Puncak Lawang, pengunjung dapat melihat dengan leluasa keseluruhan Dana Maninjau yang mempesona dengan airnya yang sangat bening. Di pinggiran Danau terdapat deretan rumah-rumah penduduk beserta dengan tambaknya. Danau Maninjau ini dikelilingi dengan bukit yang terjal. Berhadapan dengan bukit yang mengelilingi danau, akan terlihat awan menggantung dan perlahan-lahan naik dari permukaan danau menuju ke langit. Untuk masuk ke dalam objek wisata Puncak Lawang, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000/orang dan parkir mobil sebesar Rp. 5.000

 

Tips Berwisata di Puncak Lawang

Disarankan untuk mengunjungi Puncak Lawang sebelum tengah hari karena kalau datang terlalu pagi atau terlau siang, biasanya Puncak Lawang sudah tertutup dengan kabut tebal.

Fasilitas di Puncak Lawang

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, di beberapa titik sudah dibuat gubuk-gubuk dan kursi-kursi sehingga dapat menikmati keindahan Danau Maninjau dengan santai. Selain itu, pengelola Puncak Lawang juga menyediakan berbagai arena game untuk mengisi waktu kosong para pengunjung. Mulai dari Flying Fox, melintasi jembatan ban, hingga paralayang.

Akomodasi di Puncak Lawang

Di dekat Danau Maninjau terdapat sebuah hotel yang cukup bagus yang bernama Hotel Maninjau Indah. Tarif kamarnya Rp 400.000 per malam termasuk sarapan. Tamu dapat menikmati sarapan sambil menatap Danau Maninjau yang mempesona.

Akses Mencapai Puncak Lawang

Untuk pergi ke Puncak Lawang, Anda dapat menggunakan perjalanan darat. Ada dua rute alternatif yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke lokasi, baik barat atau rute timur. Jika Anda akan dari barat, Anda akan memulai perjalanan dari Kota Padang Panjang dan akan melewati Pariaman menuju Lubuk Basung pertama.

Kemudian, kita akan melewati Danau Maninjau dan Kelok 44, dengan sekitar 2,5 jam perjalanan. Sementara itu, jika Anda memilih untuk menggunakan perjalanan dari timur, Anda akan mengikuti rute Padang menuju kota Bukittinggi pertama, ketika Anda tiba di Bukittinggi, Anda dapat menggunakan transportasi umum, mobil pribadi atau mobil sewaan, dan Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan.

Source https://www.pedomanwisata.com/ https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/wisata-gunung-pegunungan/puncak-lawang-menikmati-keindahan-danau-maninjau-di-kabupaten-agam
Comments
Loading...