Puncak Gunung Tandikat (Tandikek) Sumatera Barat

0 10

Puncak Gunung Tandikat

Gunung Tandikek adalah salah satu gunung api yang letaknya berada di dataran tinggi di Sumatera Barat. Dan dalam bahasa Minangkabau, gunung ini di namakan dengan Gunung Tandikek. Gunung ini adalah salah satu dari tiga gunung yang di sebut dan di kenal dengan Puncak Tri Arga yang mana artinya adalah Penyangga Langit Minangkabau.

Gunung itu adalah Gunung Singgalang, Gunung Marapi dan kemudian Gunung Tandikek. Tipe gunung Stratovulcano ini memiliki tinggi sekitar 2438 meter di atas permukaan laut dan gunung Tandikat ini adalah gunung yang terendah di antara gunung yang tiga tadi. Kemudian jika anda ingin mengunjunginya dan sangat suka dengan berpetualangan wajib mencoba mendaki gunung yang satu ini. Walaupun wisatawan jarang mendaki gunung ini namun gunung ini banyak menyimpan keindahan yang sangat alami dan luar biasa indahnya.

   

Selain pemandangan hutan yang masih alami pepohonan di sini dapat menghasilkan udara yang sejuk dan segar, jika kita melakukan perjalanan ke puncak gunung ini maka akan menjadi pengalaman tersendiri bagi kita, kemudian dari atas puncak gunung ini kita bisa menyaksikan keindahan Danau Maninjau yang terletak di sebelah Barat dari gunung ini.

Lokasi Gunung Tandikek

Gunung Tandikek ini berada di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini membentang lebar ke arah selatan kemudian berbatasan dengan Danau Maninjau sebelah Barat. Kemudian di sebelah utara gunung ini berbatasan dengan Gunung Singgalang, kemudian di sebelah timurnya adalah gugusan pegunungan vulkanik tersier yang sudah tua.

Pendakian Ke Puncak Gunung Tandikek

di dalam perjalanan kita akan banyak menemukan hewan liar karena memang gunung ini sangat jarang di daki wisatawan. Karena jarangnya di daki, jalur pendakiannya pun agak kuarang jelas. Kemudian jalan setapak pendaki pun kurang jelas dan ada juga sebagiannya juga putus. Jika anda yang akan mendaki Gunung Tandikek ini maka hendaknya membawa peralatan navigasi yang sangat lengkap.

Kemudian di perjalanan pendakian kita juga banyak menemukan hewan pacet di jalan setapak di ketinggian 650 sampai 1.700 mdpl. Dan ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung dan wisatawan yang mengunjunginya. Jika ingin mendaki gunung ini maka kita akan mulai dari Lembah Anai Resort yang merupakan jalur rintisan untuk mencapai Puncak Gunung Tandikek. Kemudian pada tahun 1998 tim dari Mapal Unand pernah merintis jalur untuk mendaki dengan waktu tempuh selama 5 hari untuk mendaki dan 2 hari untuk menurun.

Jalur ini dapat kita mulai dari tower Satelindo di kawasan Anai Resort dengan ketinggian 665 mdpl. Akan tetapi jalan yang akan di tempuh sangat banyak semak dan rumit dan kemudian di dominasi oleh banyaknya tumbuhan rotan dan pakis. Setelah melakukan perjalanan dari tower selama 45 menit maka kita akan menemui sebuah air terjun yang sampai sekarang masih alami, hal ini karena air terjun ini berada di dalam hutan dan dan jauh sangat jarang di kunjungi wisatawan. Dan yang menariknya dari air terjun ini adalah tempat perlintasan bagi hewan Simpai ataupun Siamang.

Kemudian dari air terjun ini kita akan melanjutkan perjalanan ke arah barat dan menuju Sungai Paraman Sani. Dan sungai ini adalah sumber air untuk Anai Resort. Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan melewati sebuah bukit namanya Bukit Sangkur. Ketika kita berada di ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.500 mdpl maka kita akan menemukan rute jalan yang sangat curam. Di sarankan agar kita berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Dan dari titik tertentu maka kita akan melihat pemandangan Kota Pariaman dan pantainya yang sangat jelas kita lihat dari atas Gunung Tandikek ini.

Selain kita menempuh jalur rute ini kita juga bisa melakukan pendakian dengan beberapa rute antara lain melalui Rute Desa Malalak dan rute Desa Singgalang. Namun rute yang kita tempuh dan yang paling mudah adalah melalui rute Desa Singgalang Ganting. Setelah kita tiba di atas puncak maka kita akan di sambut dengan adanya kawah Gunung Tandikek. Dan di puncak gunung ini kita akan menemukan tiga buah kawah yang mana nama kawah tersebut adalah kawah A, Kawah B dan kemudian kawah K.

Source https://www.wisatatrend.com https://www.wisatatrend.com/berpetualangan-ke-puncak-gunung-tandikat-tandikek-sumatera-barat/
Comments
Loading...