Puncak Gunung Jantan, Spot Foto Keren Karimun Riau

0 12

Puncak Gunung Jantan

Puncak Gunung Jantan merupakan salah satu spot yang cocok dikunjungi untuk Anda yang gemar mendaki dan menikmati alam bebas dari ketinggian. Jika sudah berada di puncak gunung Jantan ini, Anda dapat menyaksikan keindahan kabupaten Karimun dari atas, serta hilir mudik kapal feri yang menyeberang menuju Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Memang untuk mencapai puncak, Anda harus mendaki dengan jarak sekian meter. Namun ketika sudah sampai di puncak, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pulau Karimun dari atas puncak gunung yang sangat mempesona. Keindahan ini membuat Anda enggan beranjak dari atas puncak.

Di kaki gunung jantan, terdapat tempat wisata yang cukup terkenal yaitu pantai Pongkar serta Air Terjun Pongkar. Jadi Anda bisa sekaligus mengunjungi temat ini dalam waktu sehari. Selain dapat menikmati keindahan alam dari atas puncak, Anda juga dapat menikmati indahnya suasana pantai dan angina laut. Selain itu, Anda juga dapat merasaan sensasi mandi dengan kesegaran alami di air terjun pongkar.

Fasilitas di Puncak Gunung Jantan

Menurut informasi, akan dibangun tangga yang dapat berfungsi sebagai jalan untuk mencapai uncak gunung Jantan. Sehingga memudahkan pengunjung untuk mencapai titik tertinggi kabupaten Kariimun ini. Dengan tangga tersebut, pengunjung akan lebih mudah mengakses puncak gunung Jantan guna menikmati keindahan pulau Karimun dari ketinggian. Selain itu, di puncak gunung jantan juga terdapat teropong yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat keindahan pulau Karimun dari atas ketinggian. Pemerintah juga akan menyediakan mushola dan juga tempat untuk bersantai, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan Karimun dari atas puncak dengan tenang dan nyaman.

Legenda Puncak Gunung Jantan

Selain memiliki keindahan yang memikat, puncak gunung jantan ternyata juga memiliki legenda yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Legenda ini berawal dari kisah Bajang, seorang anak laki-laki dari keturunan Siam yang berasal dari Sayong Pinang, yang sekarang dikenal dengan daerah Johor Malaysia. Badang menajdi seorang pemuda yang tangguh dan memiliki kekuatan luar biasa, hingga kisahnya diketahui sampai berbagai penjuru, salah satunya ialah india. Walaupun ia memiliki kekuatan, namun ia gunakan kekuatan tersebut dalam hal kebaikan. Makam serta jejak kaki badang terdapat di atas batu yang terletak di kawasan Tanjung Balai Karimun. Gunung jantan ini dikenal sebagai tempat  bertarung Badang untuk melawan perompak. Sampai saat ini, penduduk setempat meyakini siapa saja yang bertarung di atas puncak gunung ini pasti akan menumpahkan darah.

Hasil gambar untuk Puncak Gunung Jantan,

Akses Menuju Puncak Gunung Jantan

Akses menuju puncak gunung jantan ini sama dengan akses menuju air terjun pongkar, karena air terjun pongkar berada di kaki gunung jantan. Anda dapat menempuh perjalanan sejauh 15 km dari Tanjung Balai Karimun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Daya Tarik di Puncak Gunung Jantan

Apabila sudah sampai di puncak gunung Jantan, Anda dapat menyaksikan keindahan alam dari atas gunung sambil berfoto bersama rekan, keluarga, atau pasangan Anda. Anda akan mendapatkan hasil foto yang menakjubkan karena pemandangan dari puncak gunung sungguh luar biasa. Diatas puncak juga terdapat bebatuan yang dapat Anda jadikan sebagai spot untuk hunting foto.

Harga Tiket Masuk ke Puncak Gunung Jantan

Seperti gunung-gunung yang lainnya, Anda dapat mencapai puncak gunung jantan ini kapan saja sesuai keinginan Anda. Mungkin Anda ingin menikmati matahari terbitatau matahari terbenam dari atas puncak. Namun jika ingin menikmati keindahan kabupaten Karimun, Anda dapat berkunjung pada pagi hingga sore hari. Belum ada patokan harga tiket untuk masuk ke puncak gunung jantan ini.

Tips Berlibur ke Puncak Gunung Jantan

Jika Anda berencana untuk mendari ke puncak gunung jantan, sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan yang cukup, terlebih air minum. Karena untuk mencapai puncak, Anda tentu akan memerlukan banyak tenaga sehingga tubuh memerlukan cairan yang lebih. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Tanjung Balai Karimun dari atas puncak gunung.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Puncak-Gunung-Jantan
Comments
Loading...