Puncak Gagoan Panorama Alam yang Unik di Sumatera Barat

0 7

Di Sumatera Barat Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik seperti pantai, danau, gunung, dan panorama yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Bagi Anda para pencinta tantangan alam, coba sensasi wisata di Puncak Gagoan yang terletak di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Puncak Gagoan memiliki pemandangan alam yang begitu indah jika kita berada di atas puncaknya, dengan bukit batu yang tinggi dan curam.

Objek wisata alam yang terletak di Nagari Paninggahan Kabupaten Solok ini ramai dikunjungi berkat kepoulerannya di media sosial dengan beredarnya foto-foto panorama alam yang begitu indah sebagai latar belakangnya. Puncak Gagoan memang memiliki keindahan alam yang unik dengan batuan karangnya. Selain itu, karena terletak di ketinggian maka dari Puncak Gagoan ini Anda bisa menyaksikan pesona Danau Singkarak.

Gagoan berasal dari suku kata Minangkabau “Gagau” yang berarti gamang (Takut Jatuh). Karena memang jika berada di Atas Bukit ini maka akan menyaksikan kecuraman dengan batuan karang berwarna putih dengan kemiringan hampir 90 derajad celsius. Di Puncak Gagoan inipun anda bisa menikmati hembusan angin yang lumayan kencang, alami dan segar, dikarenakan hutan disekeliling Puncak Gagoan yang terus memompakan oksigennya. Jika berada di Puncak Gagoan maka anda akan merasakan kesegaran udara serta hiruk pikuk perkotaan.

Untuk keselamatan pengunjung pemuda setempat bersama pengelola juga telah memberikan rambu-rambu berupa tanda silang berwarna merah, agar pengunjung tidak lupa diri karena ingin mendapatkan spot foto yang indah. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Puncak GagoanSebaiknya juga mencari hari yang tepat, cuaca yang cerah tanpa hujan sehingga keindahan alam Puncak Gagoan tersebut tidak tertutup kabut. Di daerah ini musim hujan terjadi pada sekitar Maret-Juli, dan kemarau di bulan Februari. Sedangkan musim pengalihan (pancaroba) terjadi pada Agustus hingga Oktober.

Puncak Gagoan ini di apit oleh dua bukit yang di batasi langsung dengan sungai dengan air yang sangat jernih, air sungai ini juga di manfaatkan oleh pemerintah untuk di alirkan ke rumah – rumah warga serta untuk kebutuhan lainnya, jadi Anda jangan heran jika ada banyak pipa PDAM yang berada di dekat Puncak Gagoan . Puncak Gagoan memiliki jarak sekitar 20 Km dari pusat kota Solok, atau sekitar 78 Km jika Anda dari kota Padang. Untuk mencapai puncak gagoan Anda bisa menggunakan roda empat maupun roda dua.

Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan untuk menuju ke puncak tergolong sempit untuk kendaraan roda empat. Untuk memulai perjalanan ke lokasi puncak, Anda bisa masuk melalui pasar sumani dan perjalanan lebih kurang 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Dikarenakan sebagian jalan masih berbatu, disarankan laju kendaraan Anda tidak terlalu cepat agar selamat sampai ke puncak. Di sepanjang perjalanan menuju ke Puncak Gagoan Anda akan dimanjakan oleh pemandangan rumput hijau yang menghiasi bukit Gagoan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/puncak-gagoan-panorama-alam-yang-unik-di-sumatera-barat.html
Comments
Loading...