Pulau Woto : Surga Tersembunyi di Kab.Halmahera Timur

0 30

Pulau Woto

Pulau Woto merupakan salah satu dari puluhan pulau dalam gugusan kepulauan di Halmahera Timur, Maluku Utara. Pulau ini berupa perbukitan dan pegunungan yang masih tertutup hutan. Pulau cantik ini memiliki pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih yang memukau serta panorama bawah lautnya sangat menakjubkan.

Terlebih, gugusan karang di pulau Woto terkenal sangat cantik dan termasuk tipe terumbu karang tepi atau fringing reef. Terumbu karang disini tumbuh dikedalaman kurang dari 15 meter di bawah laut. Juga terdapat kurang lebih 300 jenis ikan disini. Sangat cocok bagi yang hobi snorkeling ataupun diving.

Tidak mengherankan, banyak wisatawan asing yang datang, bertujuan untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut di pulau ini. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berenang, bermain pasir, berjalan-jalan ditepian pantai ataupun sekedar berjemur sambil menghilangkan penat.

Bagi yang menyukai olahraga surfing, cocok menyalurkan hobinya di pantai ini. Banyak wisatawan dari Australia yang datang untuk mencoba sensasi berselancar disini. Selain ombaknya yang tinggi, periode gelombangnya juga cukup sesuai dengan topografi pantai yang cukup baik.

Pulau Woto merupakan pulau tak berpenghuni maka sangat disarankan, saat berkunjung kesini sebaiknya membawa perlengkapan yang diperlukan. Mulai dari makanan, minuman, baju ganti ataupun peralatan snorkeling dan diving. Jangan lupa membawa kamera bawah air untuk memotret panorama bawah lautnya yang memukau.

Di bagian daratan Pulau Oto, sebagaimana dilansir dari lihat.co, lahannya masih berupa hutan lindung. Berbagai macam flora dan fauna khas Halmahera terdapat disana seperti aneka jenis burung paruh bengkok (kakak tua putih dan nuri), burung Maleo, penyu, kadal, dan lainnya. Terlihat jelas bagaimana keragaman hayati yang bisa disaksikan secara langsung kalau berkunjung ke pulau indah ini.

Karena kecantikan pulau Woto maka oleh pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dijadikan sebagai ikon wisata andalan. Pulau Woto terletak di Desa Bicoli, Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur. Ada dua pilihan akses untuk mencapai Woto Island, yaitu berangkat dari Buli ke Woto sekitar 2 jam perjalanan dengan perahu cepat atau berangkat dari Maba ke Woto sekitar 1,5 jam perjalanan dengan speedboat. Dan rute yang paling cepat adalah berangkat dari Bicoli dengan waktu tempuh 30 menit dengan kapal cepat.

Source https://maluttoday.com https://maluttoday.com/2018/05/13/cantik-nya-pulau-woto-di-halmahera-timur/
Comments
Loading...