Pulau tihi-tihi Bontang

0 79

Pulau tihi-tihi Bontang

Pulau Tihi- tihi (desa atas laut) adalah tempat wisata di Bontang yang memiliki sejumlah keunikan. Tempat wisata paling indah di Bontang ini berada tengah- tengah selat Makassar. Masyarakat yang tinggal dan mendiami desa ini bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional yang sering membudidayakan berbagai jenis rumput laut yang digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan pokok.

Dan yang lebh membanggakan lagi, hasil dari budidaya tersebut di ekspor ke luar negeri seperti Jepang, Hongkong, China dan ke berbagai daerah lain di nusantara. Untuk mencapai ke desa selangan, membutuhkan waktu + 45 menit menggunakan kapal.

 

Tihi-tihi hanyalah salah satu perkampungan terapung di Laut Bontang, perkampungan serupa kini mulai banyak ditemui dan letaknya menyebar tak jauh dari Pesisir Bontang, seperti Selamba, Melahi, dan Selangan Pada 2002, budidaya rumput laut mulai dilirik warga yang awalnya mencari ikan dan teripang. Budidaya rumput laut lalu menjadi mata pencarian utama karena lebih menjanjikan.

Kini, ribuan tiang kayu ulin menancap di dasar laut, menopang puluhan rumah warga. Di kampung itu tinggal 55 keluarga atau sekitar 200 jiwa bagian dari RT 016 Kampung Melahing, Kelurahan Tanjung Laut, Kota Bontang. Perahu ketinting atau perahu ekor panjang menjadi andalan untuk mobilitas warga, baik untuk berbelanja keperluan, mengantar anak sekolah, merawat rumput laut, maupun mencari ikan atau teripang.

Warga menikmati listrik selama 24 jam karena keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal. Pembangkit itu dibangun di ujung kampung. Semua barang kebutuhan pokok, seperti air, beras, dan minyak, didatangkan dari Kota Bontang. Sensasi rasa terasing, tetapi damai sekaligus bebas, langsung menyergap.

Layaknya sebuah perkampungan di darat, perkampungan terapung ini telah memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti jembatan yang terbuat dari kayu Ulin, sekolah dan juga masjid. Penampungan air tawar pun telah disediakan, umumnya berkat bantuan berbagai perusahaan maupun Pemerintah Kota Bontang.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/pulau-tihi-tihi-bontang
Comments
Loading...