Pulau Temuruk Anambas, Kepulauan Riau

0 219

Pulau Temuruk, Surga Pasir Putih Nan Cantik

Pulau Temuruk merupakan salah satu pulau kecil dari gugusan pulau – pulau lainnya yang sering dijadikan tujuan berlibur dan berada di Riau. Tepatnya pulau ini terletak di Anambas, Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Temuruk menjadi incaran sebagian wisatawan karena keindahannya yang belum banyak dinikmati oleh para wisatawan sehingga dapat dikatakan pulau ini masih tergolong alami dan asri. Temukan alasan lainnya mengapa Anda harus menghabiskan waktu berlibur di pulau ini pada pembahasan berikut.

Pesona Pulau Temuruk

Tempat ini disebut–sebut sebagai pulau yang tidak terjamah. Artinya, belum banyak orang yang mengetahui keindahan yang dimiliki pulau ini. Karena keindahannya yang seolah tersembunyi, jangan kaget bila Anda melihat air lautnya sebening kristal dan dilengkapi dengan pasir putih yang menyilaukan mata. Saking jernihnya, terkadang beberapa orang dapat bercermin, sekadar melihat siluet tubuhnya yang nampak pada permukaan air laut. Anda dapat bermain – main dengan pasir putih atau menyelami keindahan bawah air.

Namun, bermain juga ada batasannya. Jangan sampai keindahan pasir yang sangat memukau mata ini diam – diam sebagiannya Anda bawa pulang ke rumah sebagai kenang – kenangan. Selain itu, jangan sampai merusak ekosistem, terutama pada bawah laut. Karena pulau ini sangat terjaga, berusalah untuk menikmati pesona keindahan pulau ini tanpa merusaknya. Alangkah lebih baik bila ikut menjaga keindahan pulau atau lebih bagus lagi bila ada ide untuk mengembangkannya.

Fasilitas di Pulau Temuruk

Bila di awal sudah dikatakan bahwa belum banyak yang mengetahui keindahan yang tersembunyi di pulau ini, apa yang ada di benak Anda? Yap! Benar sekali. Pulau ini bukan pulau yang resmi dijadikan sebagai objek wisata, maka jangan heran Anda tidak dapat menemukan keramaian atau teman berwisata di pulau ini. Akan tetapi, justru di situlah kelebihannya. Anda dapat menikmati keindahan pulau secara pribadi, sehingga akan lebih terasa seperti pulau milik sendiri. Padahal, Anda hanya menumpang berlibur di pulau yang menjadi hunian beberapa penduduk setia.

Daya Tarik di Pulau Temuruk

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa terdapat dua point inti yang ada di pulau ini, yaitu keindahan pasir putih serta pemandangan bawah laut. Anda dapat berfoto saat bermain – main dengan pasir, entah hanya sekadar menulis sesuatu di atasnya atau sampai membuat istana pasir seperti yang umum dilakukan anak – anak kecil ketika berada di pantai. Selain itu, jangan ketinggalan untuk mengabadikan keindahan bawah laut dalam memori kamera Anda. Kecantikan hiasan laut, mulai dari terumbu karang, dinding coral, sampai dengan pemandangan beberapa ikan, baik itu ikan pada umumnya maupun ikan hias sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Tips Berwisata ke Pulau Temuruk

Untuk dapat sampai ke pulau ini, Anda harus tiba di Pelabuhan pusat kota Tarempa terlebih dahulu. Tidak sulit untuk menemukannya karena terlihat sangat mencolok. Dari pelabuhan tersebut barulah Anda dapat menumpang kapal motor atau kapal pompon yang banyak tersedia menuju ke Pulau Temuruk. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa diri Anda tidak pernah memiliki riwayat mabuk laut mengingat akan menempuh waktu perjalanan yang cukup lama dari pelabuhan, yaitu kurang lebih selama 2 jam. Meski begitu, Anda tidak akan merasa bosan karena dapat melihat hamparan laut yang berwarna biru jernih dan sangat menyilaukan mata.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Temuruk
Comments
Loading...