Pulau Tegal Pesona Tersembunyi di Lampung

0 62

Pulau Tegal

Pulau Tegal adalah pulau yang terletak di Desa Gebang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau seluas ±98 Hektare ini dihuni oleh sekitar 20 kepala keluarga. Pulau ini memiliki topografi berupa pantai pasir putih yang landai (Bagian Barat, Selatan Timur dan Utara) dan pantai berbatu (bagian Timur Laut, Tenggara, Barat Daya dan Barat Laut). Wilayah daratannya berupa dataran hingga lereng bukit. Bagi Anda para penggemar diving dan snorkeling, tempat ini sangat cocok untuk menikmati keindahan lautnya. Bisa Anda temukan berbagai biota laut dan beragam ekosistem air di dalamnya.

   

Untuk mendapatkan spot yang baik buat menikmati keindahan bawah lautnya, Anda hanya butuh berjalan menuju tengah laut sekitar an 20 meter. Dengan kedalaman air hanya 50 cm ketika sedang surut, Anda sudah dapat menemukan terumbu karang yang pastinya memiliki banyak keindahan biota lautnya. Untuk spot snorkeling yang lebih dalam, biota lautnya lebih beragam. Terumbu karang berbagai jenis, bintang laut biru, sponge, karang kerak, segerombolan ikan akan mengiringi Anda ketika berenang,  atau bahkan katanya kadang ada penyu besar muncul.

Walau belum terekspose dan setenar seperti pulau Pahawang, Pulau Tegal mampu mencuri perhatian dengan pesona pantai dan pasir putih yang lembut. Pulau Tegal  biasa dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan ilmiah bagi para pelajar atau mahasiswa untuk praktikum lapangan. Biasanya mereka meneliti terumbu karang ataupun mengaplikasikan metode-metode, seperti metode Line Intercept Transect atau Manta Tow sebagai dasar dalam kegiatan monitoring suatu ekosistem terumbu karang.

Selain untuk kegiatan ilmiah Pulau Tegal juga menjadi tempat yang ideal bagi penyelam pemula untuk menguji kemampuan menyelam di perairan terbuka. Pantai ini relatif sepi, jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin privat trip. Berjalan menyusuri bibir pantai Tegal mendekati tebing-tebing Pulau Tegal merupakan hal yang sangat mengagumkan dan menyenangkan. Ada beberapa alternatif cara yang bisa Anda gunakan untuk mencapai pulau yang indah ini. Yang pertama Anda bisa memulai perjalanan dari Pantai Mutun, dari titik ini Anda memerlukan waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Kedua, dari BBL Hanura, dari sini cukup mempersingkat jarak tempuh. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Dan yang ketiga, Anda bisa terlebih dahulu mengunjungi Pantai Sari Ringgung. Dari sini waktu tempuh penyeberangan lebih relatif singkat, hanya memakan waktu kurang lebih 20 hingga 40 menit. Namun untuk masuk ke Pantai Sari Ringgung ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000/orang. Di pantai ini, dapat Anda temukan banyak penyedia jasa perahu penyeberangan menuju Pulau Tegal. Dengan muatan penumpang sebanyak 10 hingga 15 orang.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/lampung/pulau-tegal-pesona-tersembunyi-lampung.html
Comments
Loading...