Pulau Tanjung Jumlai : Keindahan Alam di Kab. Penajam Paser Utara

0 61

Pulau Tanjung Jumlai

Tanjung jumlai merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Kab. Penajam Paser Utara (Kal-Tim). Objek wista tanjung jumlai menawarkan berbagai pesona yang dapat membawa anda pada satu tempat yang memiliki sensasi yang berbeda. Salah satu kenikmatan yang anda dapat nikmati/rasakan ketika anda berkunjung ke tempat wisata ini adalah keindahan pantai tanjung jumlai berbalutkan pesona angin sepoi-sepoi di bawah pepopohan kelapa sambil menikmati minuman es kalapa muda.

Pantai ini terbentang dari kel. Kampung baru, melewati kel. Saloloang, sampai kel. Tanjung tengah dengan panjang garis pantai sekitar 15 km dan lebar bibir pantai sekitar 100 s/d 150 m. Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang bentangan pantai yang menambah keindahan suasana pantai. Keberadaan pepohonan kelapa di pantai ini menciptakan suasana sejuk ditambah dengan pemandangan yang menawan ke arah laut.

Pantai ini sering dipakai untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan dari seluruh lapisan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta. Kegiatan-kegiatan seperti family day, lomba permainan layang-layang, berbagai acara pentas seni, festival band dan berbagai kegiatan lainnya adalah merupakan hal yang tidak terpisahkan lagi dari keberadaan pantai tanjung jumlai.

Areal Terumbu Karang (Coral Reef) berada di sekililing empat gugusan pasir yang muncul ketika air laut surut, yang terletak di wilayah perairan pantai Tanjung Jumlai. Ini dapat ditempuh menggunakan speed boat dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dan perahu motor (kelotok) dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Disekitar gugusan pasir gusung ini terdapat 56 jenis karang dan 47 jenis ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi.

Pantai wisata tanjung jumlai dilengkapi dengan beberapa macam permainan di antaranya Banana Boat dan Flying Fox dan lain-lain. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti tempat duduk yang berderet di sepanjang pantai, WC umum, fasilitas penyewaan ban untuk berenang serta kios warga sekitar  yang menyediakan berbagai jenis makan dan minuman yang anda bisa nikmati diantara sejuknya udara pepohonan kelapa. Disamping itu ada dermaga sebagai tempat untuk bersantai menikmati pesona pantai dengan deretan pepohonan kelapanya. Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing di atas dermaga tersebut.

Dermaga tersebut berdiri sekitar 100 meter dari bibir pantai. Untuk menghubungkan dermaga dengan bibir pantai terdapat jembatan yang terbuat dari kayu ulin yang panjangnya sekitar 100 meter. Umumnya masyarakat yang bermukim disekitar pantai tanjung jumlai berprofesi sebagai nelayan dan melakukan  kegiatan usaha budi daya rumput laut. Perjalanan menuju tanjung jumlai tidaklah rumit. Bagi anda yang berasal dari luar pulau kalimantan akses menuju tempat ini tidak terlalu jauh dari Bandara Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Sepinggan) Balikpapan. Dari Bandara Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman(Sepinggan) Balikpapan anda bisa naik taxi menuju pelabuhan spead boat semayang atau lewat pelabuhan spead boat/klotok kampung baru.

Dari pelabuhan semayang anda naik spead boat menuju pelabuhan penajam, dan bila melalui pelabuhan kampung baru anda bisa memilih naik spead boad atau naik klotok menuju pelabuhan penajam. Kemudian dari pelabuhan penajam tersedia mobil rental atau ojek yang dapat mengantar anda menuju pantai wiasata tanjung jumlai.  Anda tidak perlu khawatir untuk tempat penginapan, karena di Kab. Penajam Paser Utara terdapat beberapa penginapan/hotel dengan berbgai macam kelas. Bagi anda yang ingin menginap di hotel yang dekat dengan pantai tanjung jumlai maka anda dapat memilih tempat penginapan/hotel di sekitar kota petung yang hanya berjarak kurang lebih 2 km dari pantai tanjung jumlai. Selamat berwisata.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/dion-linthin/583f816b3493739d0475be68/wonderful-tanjung-jumlai-kabupaten-penajam-paser-utara-kalimantan-timur
Comments
Loading...