Pulau Tagalaya : Destinasi Wisata Bahari Alami di Maluku Utara

0 36

Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya merupakan salah satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di depan kota Tobelo. Pulau Tagalaya memiliki arus laut yang tenang dan air laut sejernih kristal dengan hamparan pantai berpasir putih luas yang mengelilingi pulau. Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang indah. Dengan menggunakan perahu tradisional ketinting dari pelabuhan Tobelo, Pulau Tagalaya dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit.

Selama perjalanan itu, wisatawan dapat menikmati panaroma gunung Dukono dari lautan dan memandang tebaran pulau-pulau kecil sepanjang perjalanan seperti Pulau Kakara Kecil dan besar, Pulau Tupu-tupu, Pulau Kolorai, dan Pulau Meti. Jangan lupa memandang ke bawah air yang jernih tembus ke dalam lautan, kita akan melihat ikan-ikan cantik berenang kian kemari dan tentakel bunga karang yang melambai-lambai.

Sesampainya di pantai Pulau Tagalaya, hamparan pasir putih bagaikan karpet yang digelar menyambut para pengunjung. Daya tarik Pulau Tegalaya selain pasir putih yang mengeliling pulau adalah terumbu karang dan aneka biota laut yang dapat dilihat pada kedalaman 2-10 meter.

Inilah salah satu spot diving yang bisa dikatakan sangat rekomendasi untuk anda sekalian yang memang suka atau hobby dengan olahraga yang satu ini. Namun, ada satu peraturan di pulau ini yang harus dipatuhi oleh para wisatawan. Yakni, para wisatawan dilarang untuk menginjak atau tidak boleh berpijak di atas bunga karang apabila sedang menyelam.

Hal ini dikarenakan, agar tidak terjadi kerusakan terhadap bunga karang tersebut. Kalaupun harus berpijak, silahkan mencari pijakan yang tidak menyebabkan bunga karang tersebut rusak. Sebuah peraturan yang sungguh baik untuk dijalankan, agar ekosistem nya tetap terjaga. Hutan bakau di pantai dan pepohonan di bukit-bukit memberikan sentuhan warna hijau yang mampu memberi kesan damai dan tenang pada siapa saja yang melihatnya.

Pulau Tagalayasendiri menyimpan keunikan berupa adanya danau air tawar yang bisa anda jelajahi. Pastikan Anda ke sana pada saat pagi hari. Selepas siang hari, air di sini akan surut. Ketenangan di daratan pulau ini seolah seirama dengan arus laut tenang disekitar pulau dan kejernihan airnya yang seperti tembus sampai ke dasar lautan. Karena itulah, berenang di pulau ini juga merupakan aktivitas yang sangat digemari para pengunjung, karena air lautnya tidak terlalu dingin dan hanya sedikit ombak, sehingga nyaman untuk berenang.

Untuk dapat sampai ke pulau Tagalaya, Anda dapat menggunakan dua alternatif kendaraan yakni menggunakan perahu tradisional “ketinting” bersama-sama atau dapat pula menyewa Speedboat dari pelabuhan Tobelo.

Diperlukan waktu kurang lebih 20-30 menit perjalanan untuk sampai ke Pulau Tagalaya dari pelabuhan Tobelo. Jika Anda bermaksud untuk juga menjelajahi pulau-pulau sekitarnya maka cara ternyaman adalah dengan menyewa perahu ketinting berkapasitas 6 orang (7 jam, mulai Rp 150.000,-).

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku-utara/pulau-tagalaya-wisata-bahari-alami-maluku-utara.html
Comments
Loading...