Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-tnwrUt.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Sumsum, Keindahan Pantai di Pulau Morotai

0 8

Pulau Sumsum

Pulau Sumsum adalah pulau dengan nilai historis yang sangat tinggi. Hanya terletak 3 mil dari kota Daruba, ibukota Morotai, disinilah Jenderal Douglas Mc Arthur yang pemimpin pasukan sekutu untuk kawasan Asia Pasifik pernah tinggal pada masa Perang Dunia II. Goa pusat komando dan tempat pendaratan Amphibi masih terlihat disana. Untuk mengenang Mc Arthur, maka monumen Mc Arthur berdiri dengan gagah disini.

Selain monumen, terdapat gua dan sumber mata air yang biasa digunakan mandi oleh Mac Arthur. Konon air ini bisa memperlihatkan ramalan gambar Mc Arthur saat akan melakukan perang. Secara filosofi, Pulau Sumsum artinya sumur atau parigi, beberapa ada yang menyebut dengan nama Mc Arthur Island. Selain menjadi tempat peristirahatan, disini pulalah Mc Arthur melakukan koordinasi rahasia dengan para jenderal sekutu Amerika di Pasifik, Australia, Asia dan Eropa dalam mendesain strategi perang.

Itu mengapa di pulau ini terdapat bungker tua yang sedikit banyak akan memberikan gambaran kepada kita tentang kisah perang pada tahun 1944 – 1945 tersebut. Selain mempunyai nilai historis yang tinggi, Sumsum menyimpan daya tarik panorama yang eksotis. Pasir putihnya berkerikil. Air pantainya jernih perpaduan antara biru dan hijau. Suasanya masih sangat sepi dan menenangkan. Anda tidak akan kecewa mengunjungi Sumsum.

Untuk mencapai Pulau Sumsum, Anda bisa naik kapal dari Tobelo ke Daruba, Morotai yang beroperasi seminggu 3 kali. Setelah itu menyewa speedboat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Sementara itu pulau Dodola adalah pulau yang paling dekat dengan Sumsum. Sama dengan Sumsum, Anda akan melihat hamparan pantai pasir putih yang sangat luas yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Di sini kita kita akan menemukan pasir dengan dua tipe berbeda, yakni kasar dan halus. Panoramanya sangat cocok untuk bersantai, berenang, memancing dan menyelam. Karena berdekatan dengan Sumsum, konon Mac Arthur sering berlibur ke Dodola dengan pasukannya. Pulau ini hanya berjarak 5 mil dari Daruba.

Untuk mencapai Dodola, Anda cukup dengan menyewa speedboat dari Pelabuhan Daruba dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Nah, tunggu apa lagi, ke Morotai kini semakin mudah dengan bermacam moda transportasiyang ada. Jadilah wisatawan yang lebih dulu menikmati keindahan Morotai dan pulau-pulau disekitarnya. Selamat liburan!

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2012/09/13/pulau-sumsum-dan-pulau-dodola-di-morotai-yang-masih-perawan/
Comments
Loading...