Pulau Sombori : Raja Ampatnya Morowali

0 96

Pulau Sombori

Pulau Sombori nggak kalah indah dengan Raja Ampat. Makanya, pulau cantik ini sering disebut Raja Ampatnya Morowali, Sulawesi Tengah. Bukan hanya mewakili keindahan Raja Ampat, tapi Pulau Sombori juga mewakili keindahan Bunaken dan Wakatobi.

Surganya Pulau Karang

Keindahan Pulau Sombori terlihat dari gugusan pulau-pulau karang yang indah. Di sekitarnya banyak tebing karang yang tinggi, sehingga membuatnya tampak begitu eksotik. Ombak-ombak kecil yang menyisir tebing seolah-olah menyambut datangnya pengunjung. Sesekali, ombak tersebut meninggalkan dataran air yang sangat jernih. Menariknya, air di Pulau Sombori memiliki gradasi, mulai dari biru tua, cyan, dan hijau muda. Saking sepinya tempat ini, membuat pasirnya sangat putih dan bersih. Kamu bisa merebahkan tubuh dengan nyaman di atasnya.

Kawasan Konservasi Perairan Dengan Luas Sekitar 147.700 HA

Dengan luas yang nggak kalah jauh dari Raja Ampat, tentu aja Pulau Sombori bisa dijadikan tempat yang pas untuk snorkeling dan diving. Dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Di Pulau Koko terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya, sehingga memberikan kesejukan yang luar biasa. Saking jernihnya air di Pulau Koko, kamu bisa melihat jelas ikan–ikan kecil berenang.

Sedangkan, Pulau Dua Laut adalah pulau kecil yang dihuni oleh kurang lebih 30 keluarga nelayan. Pulau Dua Laut dikelilingi pasir putih yang menawan. Keistimewaan pulau ini adalah terdapat aquarium point yang sangat besar dan indah. Lokasi pertama untuk snorkeling berada pada salah satu pantai yang sedikit menjorok, tapi spot tersebut sedikit dangkal. Supaya snorkeling kamu lebih puas, sebaiknya cari spot snorkeling yang jauh dari bibir pantai.

Variasi terumbu karang dengan hiasan ikan-ikan warna warni bisa ditemukan pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut. Namun, bagi pengunjung yang nggak bisa menyelam, suguhan yang nggak kalah indah tetap bisa dinikmati dengan mata telanjang pada bagian spot snorkeling yang sedikit dangkal.

Selain dibilang mirip Raja Ampat, Pulau Sombori juga dibilang mirip Phi Phi Island di Thailand. Bahkan, cukup banyak yang bilang bahwa Pulau Sombori jauh lebih indah ketimbang Phi Phi Island. Karena begitu mirip, tentunya kamu nggak perlu jauh-jauh ke Phi Phi Island. Lebih baik mendukung tempat wisata di negeri sendiri kan?

Goa pertama yang harus dikunjungi adalah Goa Berlian yang terletak di pulau lain di bibir daratan Sulawesi yang menghadap Mbokitta. Disebut Goa Berlian soalnya stalaktit di dalam gua sangat berkilau bak berlian jika tersapu cahaya goa. Karena letak goanya berada di tebing, kamu harus membutuhkan usaha keras untuk menaiki tebing dengan kemiringan 70-80 derajat.

Ketinggian Goa Berlian adalah sekitar 10 meter dari permukaan laut. Goa Berlian belum lama ditemukan karena Pulau Sombori masih tergolong sepi. Namun, menurut pengakuan seorang nelayan di sana, di Goa Berlian ada tiga peti emas. Goa kedua yang harus dikunjungi adalah Goa Tengkorak. Sesuai namanya, di Goa Tengkorak terdapat tengkorak manusia yang belum diketahui asal-usulnya. Goa Tengkorak juga berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut.

Source https://www.pegipegi.com https://www.pegipegi.com/travel/pulau-sombori-raja-ampatnya-morowali-sulawesi-tengah/
Comments
Loading...