Pulau Siumat Simeulue Timur Aceh

0 7

Pulau Siumat

Pulau Siumat ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke pulau indah ini, wisatawan harus menyebrang dari dermaga di Simeulue dengan menyewa perahu motor. Namun tidak ada jadwal pasti penyebrangan menuju ke pulau ini, sehingga wisatawan biasanya menumpang perahu nelayan setempat. Penyebrangan dari Pulau Simeulue ke dermaga memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sedangkan untuk menuju ke Kabupaten Simeulue, wisatawan bisa memilih untuk melalui jalur laut atau udara. Travellers harus menyebrang dari pelabuhan Labuhan Haji dengan menggunakan kapal feri, yang biasanya memakan waktu 8 jam. Memang waktu tempuhnya cukup lama, jika ingin perjalanan yang lebih cepat wisatawan dapat menggunakan penerbangan yang menuju ke Bandara Lasikin di Kota Sinabang.

Fasilitas di Pulau Siumat

Fasilitas yang ada di Pulau Siumat tergolong sangat minim, seperti transportasi menuju ke pulau yang cukup sulit untuk ditemukan oleh wisatawan. Para pengunjung harus menumpang kapal-kapal nelayan jika perahu yang menghubungkan antara Simeulue dan Siumat tak melaut. Selain itu, salah satu kendala terbesar adalah minimnya sumber air bersih di pulau ini. Selain itu fasilitas penunjang pariwisata juga tidak ditemukan di pulau ini. Wisatawan akan kesulitan untuk menemukan penginapan atau rumah tinggal. Biasanya, para pengunjung harus menginap dirumah penduduk yang tentunya harus meminta izin terlebih dahulu kepada sang pemilik.

Bagi wisatawan yang beragama muslim, maka tidak perlu khawatir jika berkunjung di Pulau Siumat, karena di tempat ini sudah dibangun sebuah masjid yang cukup nyaman untuk beribadah. Selain itu, wisatawan juga bisa berwisata kuliner dengan mencicipi berbagai olahan laut seperti ikan, kepiting, udang dan juga lobster. Berkunjung ke Pulau Siumat bisa menjadi alternatif jika kamu menginginkan sebuah tempat wisata anti mainstream, serta terbebas dari hiruk-pikuknya kota besar. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan jika tengah berada di pulau ini.

Keindahan Pulau Siumat

Jika berkunjung ke Pulau Siumat, kamu akan disajikan dengan sebuah pulau lengkap dengan pantai-pantai cantik nan menawan. Hamparan pasir putih bisa kamu nikmati secara leluasa, birunya lautan menjadi suatu pemandangan yang selalu memanjakan mata. Terlebih lagi, keindahan pulau ini sangat natural, terjaga kelestariannya serta sangat bersih. Kamu bisa berenang hingga sore hari disegarnya air laut yang jernih. Gerombolan ikan-ikan kecil akan senantiasa menemani liburanmu. Meskipun terbatasnya fasilitas serta sulitnya transportasi menuju pulau, rasanya perjuanganmu akan terbayar lunas dengan panorama alam yang ditawarkan Pulau Siumat.

Snorkeling dan Diving

Pulau Siumat memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Kamu bisa bersnorkeling ria atau diving di beberapa pantai yang ada di pulau ini. Berbagai macam terumbu karang yang berwarna-warni menjadi penghias dasar lautan, kamu juga bisa menemukan berbagai macam ikan cantik yang bersembunyi dibalik terumbu karang. Jika ingin melakukan snorkeling, maka kamu harus membawa peralatan sendiri sebelum berkunjung ke Pulau Siumat, karena disini masih belum terdapat persewaan alat-alat snorkeling. Kamu bisa bertanya kepada penduduk setempat agar dibawa menuju spot-spot menarik yang ada di pulau ini.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Siumat
Comments
Loading...