Pulau Sirandah: Keindahan Alam di Kota Padang

0 30

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah merupakan pulau terluar di Kawasan Mandeh dengan luas lebih kurang hanya 10 hektar. Bagian depan sendiri di gunakan untuk objek wisata bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri dan bagian belakang berupa resort untuk turis mancanegara.
   

Fasilitas di Pulau Sirandah

Investor dari dalam dan luar negeri bekerja sama dengan pemerintah kota padang membangun infrastruktur dan sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan seperti kapal penyeberangan,hotel untuk menginap/cottage, restoran, gazebo, kafe, mkc, musholla dan Fasilitas lainya. Berbagai wahana juga di sediakan di pulau sirandah seperti jet ski, diving dan waterboom laut.

Lokasi pulau sirandah terletak di kecamatan bungus teluk kabung, kabupaten padang pariaman indonesia atau tepatnya berjarak hanya sekitar 800 meter dari lokasi pulau sikuai. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, jika memang para wisatawan berdomisili di luar padang, maka wisatawan haruslah tiba terlebih dahulu di kota padang sebagai start awal perjalanan.

Hal yang menarik di pulau sirandah salah satunya adalah adanya pulau bebatuan yang mirip dengan kura-kura atau penyu. Pulau ini berada di sebelah luar pulau sirandah. Susunan batu landai di kiri kanannya menyerupai kaki penyu dan bongkahan batu di tengahnya menyerupai kepala kura-kura. Pulau ini menjadi salah satu objek favorit untuk foto-foto bagi para wisatawan yang berkunjung di pulau sirandah.

Rute Menuju Pulau Sirandah Island

Ada tiga pilihan lokasi keberangkatan kapal/boat menuju pulau sirandah. Sebelum berkunjung pastikan telah memesan boat atau paket wisata di penyelenggara tour terlebih dahulu agar perjalanan anda terencana dengan baik.

Berikut Tiga Lokasi Pemberangkatan Menuju Pulau Sirandah

Tempat keberangkatan dari muara padang (dekat jembatan siti nurbaya), lokasinya tergolong di pusat kota. Dengan berangkat dari Muara tidak perlu jauh-jauh berkendara ke bungus ataupun ke sungai pisang. Cukup naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi lalu parkir di kawasan muara. Lama perjalanan ke pulau sirandah dari muara dengan boat selama lebih kurang 1 jam. Setelah berwisata akan diantar kembali ke pelabuhan muara.

Tempat berangkat di pantai bungus. Untuk menuju bungus bisa di tempuh dengan mobil atau motor pribadi melalui jalan aspal lebih kurang 15 km dari pusat kota padang. Jalannya berkelok mendaki menurun disuguhi pemandangan laut yang indah. Sesampainya di bungus silahkan parkir kendaraan pribadi di lokasi parkir yang tersedia. Lama perjalanan ke pulau sirandah dari sini lebih kurang setengah jam. Setelah berwisata, anda akan di antar kembali ke pantai bungus.

Tempat berangkat dari pantai desa sungai pisang, sekitar 7 km lagi ke arah selatan dari pantai bungus. Jalan yang di tempuh kendaraan untuk menuju desa sungai pisang sudah cukup bagus. Sesampainya di pantai sungai pisang silahkan parkir kendaraan pribadi di sana. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke pulau sirandah dengan perahu boat lebih kurang 15 menit. Setelah berwisata di antar kembali ke sungai pisang.

Tak lama berselang maka akan tampak sebuah tulisan besar di pesisir pantai bertuliskan Sirandah Island yang menjadi penanda bahwa para wisatawan telah tiba di pulau cantik ini. Menginjakkan kaki untuk pertama di pulau sirandah dan merasakan atmosfer pulau langsung membuat kagum akan keindahannya.

Secara alami pulau si randah belum terlalu banyak tersentuh oleh tangan manusia, sehingga bisa di katakan pulau sirandah lebih baik dengan biota perairan masih alami. Alam bawah laut pulau sirandah juga sangat cocok untuk snorkeling dan diving. Karena kaya dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Bahkan karena berada di bagian terluar di antara pulau-pulau lain pulau ini juga sering disinggahi hiu-hiu mungil tropis. Dan pulau sirandah juga sering dijadikan tempat kemping wisatawan. Ketika malam tiba, dari pulau ini bisa memandangi kelap-kelip pelabuhan teluk bayur, ataupun lampu-lampu kapal nelayan yang lalu lalang.

 

Asal Mula Nama Pulau Sirandah

Sirandah adalah bahasa minangkabau yang jika di alihkan menjadi bahasa indonesia sama artinya dengan Si Rendah. Sebab pulau nan molek ini memang memiliki daratan yang rendah cenderung datar. mungkin sekitar 80% dari keseluruhan daratan pulau ini konturnya sangat datar. Selain itu jika membandingkannya dengan pulau-pulau sekitarnya, Pulau sirandah adalah pulau yang memiliki ketinggian paling rendah. Sedangkan pulau pagang, pulau sikuai, pulau pasumpahan atau pamutusan memiliki kontur menjulang, mirip pulau-pulau di perairan raja ampat.
Source https://halamankepri.blogspot.com https://halamankepri.blogspot.com/2018/02/menuju-pulau-sirandah.html
Comments
Loading...