Pulau Sembilan di Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

0 32

Pulau Sembilan

Pulau Sembilan mungkin terdengar asing ditelinga anda, namun tidak bagi beberapa komunitas dan para pegiat lingkungan terutama mereka yang berkonsentrasi pada pelestarian hutan Mangrove. Pulau Sembilan berada di wilayah kecamatan Pangkalan Susu di Kabupaten Langkat. Ada satu pulau lagi bernama Pulau Kampai, kedua pulau letaknya berdekatan satu dengan yang lain.

Pulau Sembilan tergolong unik, selain karena letaknya yang dikelilingi oleh laut dan menghadap ke Selat Melaka, Pulau Sembilan adalah cermin dari kehidupan para nelayan di Indonesia yang hidupnya memprihatinkan. Tak hanya itu saja, perambahan hutan mangrove yang dijadikan sebagai perkebunan kelapa sawit membuat mata para pengiat dan pemerhati lingkungan tercenung serta bertindak.

Akses Menuju Pulau Sembilan

Untuk menuju lokasi anda dapat menggunakan transportasi darat yakni angkutan berupa bus dari Amplas dan Pinang Baris. Alternatif lain adalah menggunakan kereta api, namun anda harus kembali menaikki transportasi lokal. Waktu tempuh dari Kota Medan ke Pangkalan Susu membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan waktu tempuh dari Pangkalan Susu ke Pulau Sembilan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Anda dapat menggunakan transportasi penyebrangan kapal laut.

Keindahan Pulau Sembilan

Menikmati pesisir pantai yang berpasir putih merupakan kegiatan menarik, selain itu anda dapat menghabiskan waktu menikmati suasana sunrise dan suasana sunset. Bila anda memiliki hobby bersepeda, anda dapat menelusuri sekeliling pulau seraya meliat kehidupan para penduduk yang tinggal di kawasan Pulau Sembilan.

Pulau Sembilan dahulunya merupakan lokasi pertambangan minyak Pertamina sehingga sampai saat ini anda dapat melihat indahnya suasana malam karena dikejauhan terdapat banyak lampu-lampu di sekitar lokasi pertambangan. Selain itu anda juga dapat mencoba memancing ikan di sekitar Pulau Sembilan. Terdapat berbagai aneka ragam ikan di sekitar kawasan.

Source https://www.pariwisatasumut.net https://www.pariwisatasumut.net/2015/06/wisata-pulau-sembilan-di-pangkalan-susu.html
Comments
Loading...