Pulau Selimpai Tempat Penyu Bertelur di Kalimantan Barat

0 33

Pulau Selimpai

Banyak tempat wisata yang tersembunyi tersebar di Kalimantan Barat. Salah satu tempat eksotis yang wajib dikunjungi adalah Pulau SelimpaiPulau Selimpai merupakan pulau kecil berbentuk memanjang yang terletak di Desa sebubusKecamatan PalohKabupaten SambasKalimantan Barat (kira-kira 7 kilometer dari ibukota kecamatan dan 45 kilometer dari sebelah utara Kota Sambas). Pulau Selimpai memiliki keindahan pantai yang alami dengan luas 200ha.

Tidakla berlebihan jika pantai di Pulau Selimpai merupakan pantai eksotis yang dimiliki oleh Kalimantan Barat. Bentuk pantai yang unik berupa tanjung memanjang serta memiliki vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat. Pulau Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Bagian selatan hingga barat pulau ini berbatasan langsung dengan Laut natuna, sedangkan bagian utara hingga timurnya berbatasan dengan Sungai Merabau. Antara sisi di bibir sungai dan garis laut hanya selebar lapangan bola. Jadi, pulau kecil ini terkepung oleh pantai dan sungai.

   

Di tengah pulau, banyak pohon pinus yang tumbuh tinggi dan rapi. Rumput-rumput yang tumbuh di sekitar pohon pinus menambah suasana hijau yang menyejukkan. Jadi, Anda bisa berjalan-jalan menikmati panorama pulau kecil ini tanpa harus takut kepanasan. Pulau Selimpai mempunyai pantai yang berpasir putih dan hiasan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Pohon berkayu yang menjulang tinggi tersebut tertata rapi seakan ada yang sengaja menatanya sedemikian rupa padahal semua itu terjadi secara alami.

Satu hal lainnya yang menjadi daya tarik Pulau Selimpai adalah pantai-pantai di pulau ini merupakan tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Jenis penyu beragam, penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing. Dalam setahun sekurangnya lima kali satwa langka dilindungi ini singgah ke pulau ini untuk bertelur. Jika anda ingin melihat langsung maka tunggulah sampai malam hari tiba. Keseruan malam hari di Pulau Selimpai, biasanya ada sekelompok penyu yang naik ke pesisir pantai. Tak heran jika ada wisatawan sampai rela untuk tidur di sana hanya karena untuk melihat hewan langka khususnya penyu.

Pulau Selimpai menjadi alternatif bagi Anda dan keluarga Anda apabila berkeinginan menghabiskan liburan di sebuah pulau yang mungil dan cantik, jauh dari polusi udara, sejuk, memiliki pasir putih nan elok hingga Anda juga dapat menikmati sunset. Dari kejauhan Anda akan dimanjakan dengan penampakan area Tanjung Datuk / Tanjung Datoe’ yang berbatasan langsung dengan Negara Sarawak (Malaysia). Fasilitas yang ada di pulau ini antaranya sumber air bersih, kamar mandi/MCK, gazebo, warung makan, dan penginapan sederhana. Namun ada baiknya jika anda pergi ke sana membawa bekal makanan dan minuman juga tenda untuk bermalam.

Akses untuk menuju pulau ini hanya satu yaitu menggunakan jasa kapal motor warga yang memang sudah lama bekerja mengantar para wisatawan untuk ke pulau tersebut. Tarif untuk ke sana tidak tentu tergantung jumlah wisatawan yang ingin pergi kesana karena nantinya Anda akan tawar menawar dulu dengan salah satu pengguna jasa kapal motor, perjalanan membutuhkan waktu sekitar sekitar 30 menit. Perjalanan itu akan segera terbayar saat Anda sudah menginjakkan kaki di Pulau Selimpai.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/pulau-selimpai-tempat-penyu-bertelur-di-kalimantan-barat.html
Comments
Loading...